32 FKPT se-Indonesia Dilantik Kepala BNPT, FKPT Riau Dipimpin Dinawati

JAKARTA - Sebanyak 32 Pengurus Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) se-Indonesia resmi dilantik untuk masa kepengurusan tahun 2020-2022. Pelantikan tersebut dilaksanakan oleh Ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Polisi Drs Suhardi Alius, Senin malam (17/2/2020) di Jakarta.

Dalam pidatonya, Kepala BNPT ke depan peran FKPT sebagai perpanjangan tangan BNPT dan perwakilan tokoh masyarakat di daerah semakin strategis dan kompleks dalam mencegah dan mengantisipasi paham-paham radikalisme. Terlebih lagi kepada anak-anak muda, kaum milenial, yang rawan terpapar paham dan pemikiran radikal.

"Data yang ada sama kita, banyak sekali yang sudah terpapar, Kita harus waspada. Salah satu cara membuat masyarakat dan generasi muda terpapar melalui internet, khususnya media sosial," kata Suhardi yang sekaligus membuka Rakernas FKPT ke-7 tahun 2020.

Oleh sebab itu katanya, Rakornas ini merupakan momentum yang tepat dalam meningkatkan ketahanan diri dan mendeteksi dini lingkungan sekitar.

"Kembali semua kita akan mendapatkan pencerahan dan penjelasan dari para narasumber selama tiga hari kegiatan ini. Saya mengimbau maksimalkan peran yang ada. Selalulah bekerjasama dengan pemerintah daerah dan aparat setempat," katanya.

Dinawati: FKPT Riau Siap Jalankan Program

Sementara itu Ketua FKPT Riau Hi Dinawati mengatakan pihaknya siap menjalankan program-program kerja yang sudah disiapkan BNPT, dan juga menyukseskan misi kedamaian dan keharmonisan.

"Setelah pelantikan ini, semua pengurus akan menyiapkan diri untuk menjalankan tupoksi dari BNPT, serta bersinergi dengan Pemerintah daerah dan seluruh tokoh dan elemen masyarakat," kata Dinawati.

Adapun nama-nama kepengurusan FKPT Riau masa bakti 2030-2022 adalah sebagai berikut: Hj Dinawati SAg MM (Ketua), RI Edasa SSos MSi (Sekretaris), Dra Harlina Nurdiyanty (Bendahara). Dinawati merupakan pengurus senior yang turut berperan membentuk FKPT di Riau.

Sedangkan bidang kegiatan dipimpin oleh H Eka Putra ST MSc (Kabid Media Massa, Humas dan Hukum), Agus Saputra SAg MLis MH (Kabid Agama, Sosial dan Budaya), Dr H Tohirin MPd (Kabid Pengkajian dan Penelitian), Rikizaputra SPd MPd (Kabid Pemuda dan Pendidikan), Dr Tuti Andriani SAg MPd (Kabid Perempuan dan Anak).

[grc]