50 Persen Kegiatan yang Diusulkan OPD Meranti Dipangkas

Foto bersama usai penutupan Forum Perangkat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2019

SELATPANJANG - Forum Perangkat Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2019 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah dan RKPD Tahun 2019 resmi ditutup pada Jumat (15/3/2019), 50 persen kegiatan yang diusulkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Kepulauan Meranti dipangkas.

Penutupan kegiatan dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi, hadir Kepala Bappeda Kepulauan Meranti, Mamun Murod, Waka Polres Kepulauan Meranti, Kompol Irmadison, Kabag Humas Hery Saputra, jajaran pejabat di seluruh OPD Kabupaten Kepulauan Meranti, serta sejumlah instansi terkait lainnya.

Kepala Bappeda Kepulauan Meranti Mamun Murod mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menyelaraskan hasil Musrenbang RKPD tingkat kecamatan serta rancangan kerja tingkat daerah.

"Kemudian penajaman indikator target program kerja dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah, dan mendekatkan program dan kegiatan antar daerah," ujarnya.

Selain itu kegiatan juga dilakukan untuk penyesuaian pendanaan program dan kegiatan. "Tujuan kegiatan ini untuk melaksanakan amanat Mentri dalam negeri nomor 87 tahun 2017 dan kedua wahana uji publik terhadap rancangan rencana kerja perangkat daerah oleh semua unsur dan komponen dalam masyarakat," tuturnya.

Hasil akhir dari kegiatan ini dikatakan Murod adalah tersusunnya dokumen perencanaan, dokumen rencangan kerja perangkat daerah Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2020.

Dikatakan Murod bahwa seluruh OPD sudah memahami target program yang akan dijalankan ke depan melalui forum ini.

"Tadi malam seluruh OPD di kepulauan Meranti, menyelesaikan seluruh kegiatan dengan baik," ujarnya.

Dirinya mengingatkan dalam melakukan pelaksanaan program, perangkat daerah harus melakukan penanaman indikator dan rencana kerja untuk tahun 2020 agar terjalin pengintegrasian dan keserasian program.

"Seluruh OPD saat ini sudah sangat memahami kegiatan yang ingin dicapai tahun 2020 dimana program yang dijalankan harus fokus efisien dan terintegrasi satu sama lain." ungkapnya.

Kemudian, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi mengungkapkan bahwa terjadi pemotongan sebesar 50 persen kegiatan yang diusulkan SKPD di Lingkungan Kepulauan Meranti.

Irwan mengatakan bahwa forum OPD ini sebelumnya menghimpun 3.027 usulan program kegiatan, dan sudah bisa diefisienkan menjadi 1.560 kegiatan.

Irwan juga berharap melalui pelaksanaan program ini, seluruh SKPD maupun perangkat daerah lainnya dapat menyatukan visi dalam membangun Kabupaten Kepulauan Meranti lebih baik kedepannya.

"Ada lima misi besar, pertama bagaimana membuat perut orang kenyang, bagaimana badan sehat, otaknya pintar, duetnya banyak dan imannya kuat," ungkapnya.

[grc]
loading...