66 Desa yang Belum ‘Terang’ di Riau Akhir Tahun Ini Nikmati Listrik 24 Jam

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus menggesa pembangunan jaringan listrik di desa yang belum teraliri listrik. Ada 66 desa yang belum 'terang' di Riau dari enam kabupaten di Riau.

Kepala Dinas ESDM Riau, Indra Agus Lukman AP MSi mengatakan kepada GoRiau.com, 66 desa di Riau yang belum teraliri listrik dari data PLN bulan Juni 2019, akhir tahun ini bisa menikmati listrik 24 jam.

"Data dari PLN yang kita terima desa yang belum teraliri listrik, di Kabupaten Kampar ada 16 desa, Indragiri Hilir ada 39 desa, Pelalawan ada 5 desa, Rokan Hilir ada 4 desa, serta Indragiri Hulu dan Kepulauan Meranti masing-masing ada 1 desa," kata Indra, Kamis (29/8/2019).

Sesuai dengan target PLN, dikatakan Indra, dari 1.859 desa yang ada di Riau, tahun ini bulan Agustus akan terpasang listrik di 1.799 desa. Sedangkan bulan September nanti terpasang jaringan listrik di 1.804 desa dan Oktober 2019 diperkirakan sudah 100 persen terpasang.

"Kita berharap, jaringan listrik ke desa di Provinsi Riau akan selesai bulan Oktober 2019. Sehingga akhir 2019, masyarakat desa akan menikmati listrik 24 jam dari PLN," ungkap Indra.

Dikatakan Indra, untuk memnuhi kebutuhan listrik desa, pihak PLN akan membangun tower 20 kilovolts (kv) yang difokuskan menggabungkan lokasi desa existing dengan desa yang belum teraliri listrik, yang dipisahkan oleh sungai.

"Untuk itu, kita minta dukungan semua pihak, untuk menuju Riau terang 2019 dan 100 persen desa berlistrik," jelas Indra.

[grc]
loading...