Akhirnya, Puskesmas RI Muara Fajar Raih Akreditasi

Pekanbaru, (Inforiau.ID)- Kerja-keras dan kerja-sama terbaik yang dilakukan para petugas Puskesmas Rawat Inap Muara Fajar dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat, membuahkan peraihan Akreditasi.

Akreditasi puskesmas adalah proses penilaian eksternal oleh komisi akreditasi terhadap puskesmas untuk menilai apakah sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah.

Puskesmas Rawat Inap Muara Fajar dinyatakan berhasil meraih Akreditasi berdasarkan surat dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Nomor YM.02.01/VI.14/000789/2019 bertanggal 10 November 2019 dengan status Dasar.

Hasil Akreditasi ini ditandatangani oleh drg. Tini Suryanti Suhardi, M.Kes

Kepala Puskesmas Rawat Inap Muara Fajar, dr. Afrilis, Selasa  (12/11/2019), mengucapkan rasa syukur dan terima-kasih dengan hasil yang di raih kepada semua pihak yang telah membantu dan bekerja-sama dalam pelaksanaan penilaian akreditasi puskesmasnya.

“ Terimakasih untuk Kadiskes Kota Pekanbaru dan jajarannya, Bu Camat (Rumbai), Pak Lurah ( Muara Fajar Timur), tokoh masyarakat, kader-kader dan  teristimewa seluruh tim Puskesmas Rawat Inap Muara Fajar”

“Ini membanggakan karena berkat kerja-keras dan dukungan semua pihak sehingga Puskesmas Rawat Inap Muara Fajar meriah Akreditasi,” katanya.

Dokter  yang murah senyum ini mengungkapkan, “jangan dilihat dari nilainya, tapi prosesnya dan  kami telah melalui proses panjang ini beberapa bulan kebelakang

Serta yang terpenting apabila puskesmas sudah terakreditasi, ini sudah memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan oleh BPJS Kesehatan," lanjutnya.

Sebab, BPJS Kesehatan sendiri tidak mau bekerja sama dengan puskesmas yang tidak terakreditasi.

Penilaian Akreditasi Puskesmas Rawat Inap Muara Fajar dilakukan pada tanggal 2-6 Oktober 2019 lalu, akreditasi ini berbarengan dengan 4 (empat) puskesmas lainnya di Kota Pekanbaru yakni, Puskemas Simpang Baru, Puskemas Sapta Taruna, Puskemas Garuda, Puskemas Langsat, sedangkan tahun 2018 16 puskesmas lainnya juga telah terakreditasi.

Semoga dengan akreditasi ini, Puskesmas lebih memantapkan komitmen untuk  memelihara dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat.(Ando)