Akibat Asap, Beruang Muncul di Rokan Hilir

DUMAI - Asap hasil kebakaran hutan yang terjadi di sejumlah Provinsi Riau ternyata tidak hanya mengganggu manusia, namun sejumlah satwa liar juga mulai terganggu.

Dikatakan Kepala Seksi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) wilayah Dumai, Nurzaman, pihaknya juga telah menerima laporan dari masyarakat terkait adanya beruang yang keluar dari hutan.

"Kemunculan beruang tersebut terjadi di wilayah Pekaitan, Kubu, Rokan Hilir, akibat kabut asap saat ini," kata Nurzaman kepada GoRiau.com, Rabu (11/9/2019).

Beruang yang terlihat oleh masyarakat tersebut terjadi pada beberapa waktu yang lalu, dan masyarakat telah melakukan komunikasi dengan pihak BBKSDA.

"Untuk sementara, belum ada informasi lagi dari masyarakat terkait kemunculan beruang tersebut," katanya.

Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak yang terkait disana, terkait hewan liar yang muncul kepemukiman masyarakat akibat terganggu oleh asap serta kebakaran hutan dan lahan.

"Jika wilayah kemunculan hewan liar tersebut dipemukiman masyarakat akan kita evakuasi kedalam kerangkeng," katanya kembali.

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang mengetahui adanya kemunculan hewan liar untuk segera melaporkan kepihaknya yang berkantor di Taman Wisata Alam Sungai Dumai, Bukit Jin, Dumai.

[grc]
loading...