Alfedri Ingatkan OPD Terkait Cek Kelayakan Hewan Kurban dan Persiapan Salat Ied Serta Pawai Takbir

SIAK SRI INDRAPURA - Saat ini permintaan hewan kurban seperti Sapi, Kerbau dan Kambing sangat banyak menjelang hari Raya Idul Fitri. Namun sebelum disembelih dan dikonsumsi oleh masyarakat, Bupati Siak Alfedri kembali tegaskan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dengan benar.

"Dihari Raya Idul Adha nanti, masyarakat akan menerima daging kurban. Sebelum hari itu tiba, Dinas Peternakan harus memeriksa kesehatan hewan kurban di Kabupaten Siak, baik yang tempatan maupun yang didatangkan dari luar Siak. Hal ini perlu sebagai antisipasi kelayakan dan kesehatan hewan kurban tersebut," kata Alfedri, Kamis (9/8/2019). 

Dalam rapat Singkronisasi Penyelenggaraan Pemda dengan OPD di Siak, Bupati juga menyampaikan terkait pelaksanaan salat Idul Adha dan Pawai Takbir yang dilaksanakan di masing-masing Kecamatan. Khusus di pusat Kota Siak akan dilaksanakan di lapangan depan Istana Siak dan Kampung Rempak

"Untuk itu petugas dan panitia salat Idul Adha harusnya sudah membuat persiapan minimal H-1 untuk pelaksanaaan IduI Adha. Kebersihan lapangan harus dipastikan hingga pelaksanaan salat berlangsung, membuatan arah kiblat, dan penyusunan shaf jamaah," sebut Alfedri.

Sebagai antisipasi jika terjadi hujan, sambungnya lagi, maka pelaksanan salat Idul Adha dapat dilakukan di Masjid-Masjid terdekat antara Iain Masjid Islamic Center, Masjid Al-Fattah dan Masjid Syahbuddin. 

"Harapan kita Siak ini diturunkan hujan, untuk membantu memadamkan api di lahan - lahan gambut saat ini. Jika hujann nnti salat harus dipindahkan ke masjid, Ini kita harapkan kepada bagian Kesra agar dapat menginformasikan dan mengkoordinasikan hal tersebut kepada pengurus Masjid tersebut," kata Alfedri. 

Selain itu untuk Kecamatan Iainnya, lanjut Alfedri, Camat beserta Upika dapat me|aksanakan salat Idul Adha dan pelaksanaan kurban di Kecamatan masing-masing 

"Terakhir, untuk pelaksanaan pawai takbir malam Idul Adha agar dipersiapkan oleh panitia dengan sebaik-baiknya, baik menyangkut pengaturan rute dan ketertiban lalu lintas pada rute yang dilakukan pengaturan mobil hias dan pawai tersebut," imbuh Bupati lagi.

[grc]
loading...