Alhamdulillah, Itan Firdaus Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Baznas

SELATPANJANG - Betapa senang dan bahagianya keluarga Itan Firdaus yang mendapatkan bantuan bedah rumah dari program Meranti Peduli, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Meranti.

Penyerahan bantuan rumah itu dilaksanakan pada Selasa (28/5/2019) siang dihadiri Camat Tebingtinggi, Helfandi, Ketua II Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Meranti, Bagian Distribusi, H Abdul Karim Z, Lurah Selatpanjang Timur, Robert Saputra dan beberapa pendamping Baznas.

Bedah rumah yang ditempati Itan dan ketiga anaknya yang berada di Jalan Karya Utama Gang Pinang, RT 003/ RW 002 Kelurahan Selatpanjang Timur, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti itu berawal dari postingan di media sosial beberapa waktu lalu.

Postingan itu akhirnya viral dan mengundang banyak simpati banyak orang. Dimana kedua anaknya yakni Ferdi berumur 13 tahun dan Nalis 12 tahun harus mengalami putus sekolah akibat himpitan ekonomi, jangankan untuk bersekolah, untuk makan sehari - hari saja mereka bersusah payah untuk mendapatkannya.

Dimana sang ayah terpaksa berhenti bekerja karena sakit yang dideritanya pasca istrinya yang meninggal dunia. Untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari pekerjaannya sebagai buruh di pelabuhan diambil alih oleh anaknya yang kedua.

Kondisi rumah yang mereka tempati pun sangat tidak layak, dimana dinding rumah sudah terlihat roboh, sehingga angin malam pun akan sangat terasa menusuk. Sementara atap pun tampak sudah berlubang, air pun merembes masuk kedalam rumah membasahi semua jika diguyur hujan deras.

Rasa simpati tidak hanya mereka dapatkan dari masyarakat setempat. Bahkan Wakil Bupati Meranti Drs H Said Hasyim, Camat Tebingtinggi Helfandi SE M.Si, Tim Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Sat Binmas Polres Meranti pun menyambangi dan berkunjung ke gubuk Itan Firdaus.

Tidak menunggu terlalu lama, Pemerintah Kecamatan Tebingtinggi pun mendorong Baznas Kepulauan Meranti melalui program Meranti Peduli untuk membedah rumah Firdaus.

Ketua II Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Meranti, Bagian Distribusi, H Abdul Karim Z mengatakan akan berupaya keras membuat beragam program bermanfaat untuk masyarakat. Program yang dibuat itu untuk masyarakat yang kurang mampu.

Dia pun mengapresiasi dorongan dari Pemerintah Kecamatan Tebingtinggi yang telah turut andil dalam membantu Baznas saat merehab rumah Firdaus.

Karim juga berharap agar semua instansi terkait tetap bersinergi dengan Baznas dalam membantu merehab rumah warga yang tidak mampu di Meranti.

Menurutnya, jika tidak ada laporan dan bantuan dari Kecamatan Tebingtinggi, mungkin kondisi rumah Firdaus belum berubah hingga saat ini.

"Rumah ini kita rehab ringan dimana kita bekerjasama dengan pemerintah Kecamatan Tebingtinggi. Dana yang kita gelontorkan sebesar Rp10 juta, ini semua berkat hasil dari zakat yang telah disalurkan ke Baznas Meranti," ungkap H. Abdul Karim Z.

Ketua II Baznas Kepulauan Meranti itu juga mengungkapkan, Baznas Kepulauan Meranti pada tahun ini sudah membedah rumah sebanyak 3 unit, dimana duanya mengalami kerusakan berat.

Sukses bedah rumah ini diapresiasi oleh Pemerintah Kecamatan Tebingtinggi. Menurut Camat Tebingtinggi Helfandi, pihaknya hanya mendorong Baznas untuk melakukan pembangunan rumah yang tidak layak huni, selebihnya pembangunan akan diupayakan melalui dana APBD pada 2020 mendatang.

"Sifatnya kita hanya mendorong dan berkoordinasi bersama Baznas untuk meringankan beban masyarakat. Rumah ini sebenarnya sudah masuk kedalam pantauan kita. Dan juga sudah diajukan proposal untuk dibangun permanen pada 2020 mendatang. Sedangkan jika tidak bisa dibiayai oleh APBD akan diupayakan melalui dana CSR, ini arahan gubernur Riau kepada semua camat," ungkap Helfandi,  Selasa (28/5/2019).

Sementara itu, terhadap dua anaknya yang kini putus sekolah, Pemerintah Kecamatan akan mengupayakan agar mereka bisa kembali mengecap pendidikan dibangku sekolah.

"Nanti kita upayakan mereka agar bisa bersekolah lagi. Dan akan kita pindahkan mereka agar bisa bersekolah tidak terlalu jauh dari rumah," ujar Helfandi.

Selain itu, Pemerintah Kecamatan Tebingtinggi juga telah menyalurkan bantuan Sembako dan bantuan lainnya dalam program Jumat Berkah.

[grc]
loading...