Andi Rachman Dorong Riau Punya Laboratorium Lingkungan Hidup

PEKANBARU - Anggota DPR RI daerah pemilihan Riau Arsyadjuliandi Rachman mendorong segera terbentuknya Laboratorium Lingkungan Hidup di Bumi Lancang Kuning. Fasilitas ini sangat dibutuhkan karena Riau sebagai daerah yang sedang berkembang sering menghadapi sejumlah bencana ekologis.

"Tidak bisa kita pungkiri, perkembangan di Riau telah merubah fungsi fungsi ekologis sejumlah wilayah. Pasti ada dampak lingkungannya. Makanya dibutuhkan laboratorium lingkungan sebagai pencegahan awal agar hal hal yang tidak diinginkan bisa dihindari," ujar Andi Rachman saat menjadi salah satu pembicara pada pertemuan Sinergi Peran Laboratorium dalam Mendukung Early Warning System Bencana Lingkungan, Pekanbaru, Jumat, (1/11/2019).

Sebagai anggota legislatif di pusat, pihaknya siap menjembatani kebutuhan kebutuhan Riau. Termasuk untuk percepatan terwujudnya laboratorium lingkungan ini dengan penganggaran bugdet sharing antara pusat dan daerah.

Ia meyakini, keberadaan laboratorium ini bisa menjadi mitigasi bencana lingkungan dan pencegahan pencemeran. Apalagi di Riau yang berkembang ini muncul banyak sekali industri. Mulai dari industri pengolahan sawit, pulp and paper, gas dan minyak bumi. Serta berbagai industri besar lainnya.

Jadi, kalau ada masyarakat yang merasa dirugikan dengan limbah industri, bisa membawa sample ke laboratorium untuk diuji. "Sehingga semua serba jelas dan transparan. Tidak ada lagi saling tuding dan tuduh ketika hasil laboratorium yang berbicara," ungkapnya.

Untuk itu, diharapkan, laboratorium yang dibangun punya standar kualitas tinggi. Sehingga memiliki tingkat kepercayaan yang sahih dan dipercaya berbagai pihak dan kalangan.

[grc]
loading...