Antisipasi Karhutla, Polres Kepulauan Meranti Kunjungi PT NSP

SELATPANJANG - Dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pihak kepolisian Polres Kepulauan Meranti melakukan kunjungan kerja ke PT National Sago Prima (NSP) pada Sabtu (11/1/2020).

Ikut mendampingi Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, Kapolsek Tebingtinggi, Iptu Aguslan SH, Kanit Idik II (Tipiter) Sat Reskrim Polres Kepulauan Meranti, Ipda Rahmad Wahyudi SH, Kanit Intelkam Polsek Tebingtinggi Aiptu Bobben J. Ricardo SH, Kanit Provos Polsek Tebingtinggi, Aiptu Yulperta H, Ka Pos Sandar Selatpanjang Unit Polair Polres Kepulauan Meranti, Aiptu Margono.

Hadir juga Bhabinkamtibmas Desa Kepau Baru, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Aiptu Zukrial, Kades Kepau Baru diwakili oleh Sekdes Kamarudin, Manejer PT NSP (National Sago Prima) Chandra Siringoringo SE, Karyawan dan Staff PT NSP.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, mengungkapkan kunjungan kerja tersebut sebagai antisipasi cegah awal terhadap titik api dan pengecekan terhadap peralatan karhutla dan sosialisasi tentang karhutla.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan lapisan masyarakat terhadap titik api dan pembuatan kanal/embung, kemudian mengantisipasi akan kesiapsiagaan terhadap titik api.

Selanjutnya, melaksanakan pelatihan terhadap karyawan terhadap pencegahan Karhutla dan berdampingan dengan MPA (Masyarakat Peduli Api).

"Juga melakukan koordinasi dengan setiap desa untuk cegah kebakaran lahan dan sarana untuk pemadaman agar selalu dipersiapkan," ungkapnya.

Dalam kegiatan itu juga paparan PT. NSP disampaikan oleh Humas PT. NSP Setya Budi Utomo, pemaparan profil Perusahaan PT NSP, PT NSP telah mendapat rekor MURI, luas lahan PT NSP seluas 11.956,77 hektare dan luas yang bisa di panen seluas 3.483 hektare, produksi sago sebanyak 100.000 s/d 150.000 per tahun.

Kemudian, selalu mengupayakan pencegahan dan pengendalian karhutla dengan menggunakan hotspot lapan dan kanal/embung, memberikan bantuan kepada masyarakat melalui CSR, sarana prasarana untuk karhutla PT NSP sudah dipersiapkan dan cukup memadai.

Selanjutnya, juga dilakukan pengecekan gudang alat pemadam kebakaran milik PT NSP, pengecekan posko utama antisipasi karhutla dan menara tower pantau milik PT NSP. (rls)

[grc]