Antisipasi Terjadinya Kriminalitas, Masyarakat Sukamaju Kuansing Aktifkan Siskamling

Masyarakat Sukamaju mulai mengaktifkan Siskamling.

TELUKKUANTAN - Beberapa bulan terakhir, tingkat kriminalitas di Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Tak ingin aksi kejahatan terjadi, masyarakat bersama Babinsa sepakat mengaktifkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Menurut Danramil 09 Singingi Kapten Arh Buntor Simanjuntak, Babinsa Sukamaju Sertu Abdul Hasim bersama masyarakat sudah mengaktifkan Siskamling sejak Sabtu (9/3/2019) malam.

"Kita mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta kondusifitas lingkungan. Karena itu, kita bersama masyarakat sepakat untuk menghidupkan kembali giat Siskamling," ujar Simanjuntak, Ahad (10/3/2019) pagi di Telukkuantan.

Setelah adanya komunikasi sosial, lanjut Simanjutak, kesadaran tanggungjawab dari masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan sudah muncul. Mereka tak semata-mata mengharapkan dari aparat keamanan, tapi ikut berpartisipasi.

Senada dengan itu, Sertu Abdul Hasim menyatakan warga sudah mengaktifkan kembali Siskamling. Setidaknya mampu meminimalisir tindak kriminal jelang Pemilu.

"Ini merupakan komitmen masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan. Masyarakat proaktif dalam mewujudkan lingkungan kondusif," papar Abdul Hasim.

[grc]
loading...