Asap Selimuti Riau, Syamsuar: Satgas Sudah Lakukan Pemadaman, Sekolah Sudah Diinstruksikan Libur

PEKANBARU - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai menyelimuti sebagian wilayah Provinsi Riau. Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi menegaskan, asap yang menyelimuti Provinsi Riau merupakan kiriman dari Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan (Sumsel).

"Satgas (satuan tugas) Karhutla sudah melakukan upaya pemadaman dititik lokasi lahan yang terbakar disejunlah kabupaten/kota," kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Selasa (10/9/2019).

Syamsuar juga mengungkapkan, kewenangan pemadaman di provinsi tetangga yang terbakar bukan ranah dirinya. Namun, pihaknya sebatas melakukan upaya kordinasi agar lahan di provinsi tetangga bisa padam.

"Karhutla saat ini banyak terjadi di Provinsi Riau bagian utara, seperti Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu dan Pelalawan. Satgas juga sudah berupaya melakukan pemadaman dari darat dan udara semaksimal mungkin," ungkap Syamsuar.

Syamsuar mengatakan, melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau sudah menginstruksikan agar sekolah tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, serta sederajat di Provinsi Riau diliburkan. Melihat kondisi asap yang terjadi saat ini. Jika ada daerah yang diselimuti asap, silahkan diliburkan.

"Saat ini Satgas Karhutla Provinsi Riau juga tengah melakukan evaluasi hasil kinerja di Lanud Roesmin Nurjadin," jelas Syamsuar.

[grc]
loading...