Belasan Meteor Akan Terlihat, LAPAN: Sesudah Tengah Malam Sampai Subuh

JAKARTA - Fenomena hujan meteor akan menyambangi Bumi pada 17-18 November 2018. Menariknya, aktivitas maksimum diprediksi akan terjadi pada 17 November 2018 malam hingga dini hari.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin kepada Okezone. “Sesudah tengah malam sampai Subuh,” ujar Thomas, Sabtu (17/11/2018).

Lebih lanjut, Thomas juga memperkirakan akan ada belasan meteor yang akan terlihat. Ini merupakan fenomena tahunan, di mana peristiwa ini tidak menyebabkan dampak terhadap Bumi.

 Menurut Thomas dalam blog resminya, meteor merupakan sebuah batuan atau debu antariksa yang memasuki atmosfer bumi dan terbakar pada ketinggian 70-110 km. Kemudian, pada saatnya Bumi berpapasan dengan gugusan debu sisa komet.

Hujan Meteor Leonid

Baca Juga: Malam Ini, Bumi Bakal Diterpa Hujan Meteor

Sehingga debu-debu tersebut memasuki atmosfer Bumi dan terbakar dalam jumlah yang banyak. Saat itulah, lanjut dia pengamat bisa menyaksikan hujan meteor dengan jumlah puluhan sampai ratusan meteor per jam.

Jumlah ratusan meteor per jam biasanya disebut badai meteor, pada saat tertentu setelah komet induknya melintas dekat Bumi.

Sebagai informasi, LAPAN melaporkan jika terdapat tiga hujan meteor yang tergolong kuat dengan jumlah puluhan meteor per jam. Sebut saja Quadrantids puncaknya pada 3 Januari 2018, Perseids puncaknya pada 12 Agustus 2018, dan Geminids puncaknya 14 Desember 2018.

(ahl)

loading...