Bersempena Milad, HMJ THP Unri Gelar Expo

PEKANBARU - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknologi Hasil Perikanan (THP) Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau (Unri) menggelar Expo 2019.

Kegiatan bersempena Milad itu mengangkat tema "Semangat Muda, Bersinergi dan Penuh Kreatifitas untuk Bumi Lancang Kuning".

Kegiatan Milad dan THP Expo 2019 ini digelar di Kampus Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau. Dilaksanakan selama tiga hari, terhitung dari tanggal 26 sampai 28 Maret 2018.

Kegiatan ini juga melibatkan para alumni THP yang banyak memberi kontribusi baik moril maupun (sebagai donatur). Pada Milad dan Expo 2019 ini, berhasil menampilkan  sedikitnya 43 jenis produk olahan dari hasil perikanan.

Seperti olahan nugget, aneka ragam bakso, abon ikan, peyek ikan teri, stik ikan, rendang ikan, mpek-mpek, es rumput laut, dinsum ikan, amplang ikan, kaki naga dari ikan, dan masih banyak produk lainnya. 

Beberapa jenis perlombaan saat itu antara lain, pemilihan mahasiswa berprestasi, angkatan terkompak, alumni inspirator dan motivator, dosen favorit, dosen humoris, dan dosen motivator.

Selain itu juga ada lomba karikatur, video dokumenter, essay nasional, solo song, grup band akustik, lomba masak serba ikan, dan lomba kewirausahaan (KWU) fair. 

Adapun peserta kegiatan berasal dari Kampus Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK), dan fakultas lainnya di lingkungan Universitas Riau. Seperti Fisipol, FEB, FMIPA, Faperta, FKIP, Fakultas Teknik, dan Fakultas Hukum.

Selain itu, juga ada peserta dari luar Kampus Unri, diantaranya Kampus Unilak, UIR, dan UIN Suska Riau Pekanbaru. Sedangkan untuk kegiatan Essay Nasional, pesertanya berasal dari Unri, Unilak, UIR, UIN UIN Suska Riau, dan Universitas Brawijaya (UB) Malang. 

Sahrul, Ketua panitia pelaksana mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan Milad dan THP Expo 2019 merupakan kegiatan pasitif mahasiswa. Selain bertujuan untuk mengungkap bakat dan keterampilan mahasiswa, kegiatan ini juga sebagai media promosi ke pihak luar, yakni masyarakat luas.  

Ditambahkan Ketua HMJ Muhammad Raihan, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memperkenal produk hasil perikanan hasil karya mahasiswa THP sendiri. Serta mewadahi bagi mahasiswa yang mempunyai bakat dengan berbagai perlombaan, sehingga semakin menambah antusias mahasiswa.

"Acara Milad dan THP Expo merupakan kegiatan gabungan yang perdana diselenggarakan untuk memeriahkan dan memperluas gaung kegiatan ini," kata Muhammad Ridwan. Sd1 Menanggapi kegiatan yang dilaksanakan HMJ, Ketua Jurusan THP Sumarto SPi MSi mengatakan ini juga menjadi bagian dari promosi jurusan THP Fakultas Perikanan dan Kelautan. Dengan menampilkan segudang kreatifitas mahasiswa serta produk-produk olahan berbasis perikanan karya mahasiswa kepada semua pihak kampus Unri maupun luar kampus. Bahwa, THP siap menghasilkan SDM berkualitas, siap menghasilkan wirausahawan handal di sektor Perikanan.

"Harapan kedepannya, kegiatan milad dan THP Expo ini lebih ditingkatkan lagi," harap Sumarto. (rls)

[grc]
loading...