Caleg Partai Pengusung Tak Pajang Gambar Jokowi-Ma’ruf, Ini Kata PKB Riau

Baliho PKB

PEKANBARU - Fenomena calon legislatif (Caleg) partai pengusung capres 01 di Provinsi Riau yang tidak memasang gambar Jokowi - Ma'ruf, menuai tanda tanya dari masyarakat. Pasalnya, dari banyaknya baliho caleg partai pengusung yang bertebaran di Kota Pekanbaru, sangat jarang yang memasang gambar pasangan capres - cawapres nomor urut 01 tersebut.

Sebagai salah satu partai pengusung Jokowi - Ma'ruf pada Pilpres 17 April mendatang, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menanggapi fenomena ini dengan santai. Sekretaris DPW PKB Riau, Ade Agus Hartanto mengatakan bahwa, hal tersebut sah-sah saja.

Menurutnya, baliho digunakan untuk kampanye pencitraan. Tidak memasang gambar Jokowi - Ma'ruf di baliho, merupakan strategi dari caleg itu sendiri.

"Itu strategi, hal yang wajar. Karena Pak Jokowi juga sudah terkenal. Kalau mereka pasang gambar beliau, maka caleg-caleg tersebut tenggelam, kalah dengan popularitas Pak Jokowi," kata Ade Agus di Pekanbaru, Selasa (2/4/2019).

Ketika disinggung mengenai caleg yang tidak memasang gambar Jokowi-Ma'ruf karena Riau merupakan basis Prabowo, legislator Dapil Indragiri Hulu (Inhu) - Kuantan Singingi (Kuansing) ini mengatakan hal tersebut tidak benar.

"Kalau soal basis, itu tidak bisa dipastikan hari ini, 17 April baru bisa dilihat," jelasnya.

Seperti yang diberitakan GoRiau sebelumnya, sejumlah caleg partai pengusung capres 01 terlihat tidak memasang gambar Jokowi-Ma'ruf.

Misalkan saja, caleg Golkar untuk DPRD Riau atas nama Lisa Wistya Tanjung, S Sos. Caleg nomor urut 8 ini mengenakan seragam Golkar warna kuning dengan mengepal tangan kanannya. Wanita berhijab ini terlihat tersenyum sumringah.

Dalam baliho itu hanya ada lambang Partai Golkar dan contoh kertas suara. Tak terlihat di baliho itu ada foto Jokowi. Ada juga baliho caleg Golkar lainnya atas nama Ida Yulita Susanti. Caleg petahana anggota DPRD Kota Pekanbaru ini juga tidak memajang foto Jokowi.

Begitu juga baliho caleg pengusung capres 01 lainnya. Seperti caleg PPP untuk DPRD Pekanbaru dapil Kecamatan Tampan atas nama Abdul Gafur. Sejumlah balihonya juga tidak menambahkan capresnya sendiri. Malah ada juga caleg PDIP untuk DPRD Kota Pekanbaru juga tak memajang gambar Jokowi.

Begitu juga caleg dari PKB di Pekanbaru juga terjadi hal yang sama. Sangat sedikit caleg partai pengusung 01 yang mau memajang gambar Jokowi. Salah satunya caleg DPR RI dari Golkar, Idris Laena. Caleg dari PKB untuk DPR RI Wahid ada yang pasang gambar Jokowi, ada yang tidak.

[grc]
loading...