Cegah Penyebaran Corona, Kapolda Riau Pimpin Langsung Pembubaran Warga Nongkrong di Kafe, Warung dan Jalanan

PEKANBARU - Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi memimpin langsung patroli untuk meminta warga dan pedagang membubarkan diri dan segera pulang ke rumah masing-masing.

Langkah ini dilakukan guna mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Senin malam (23/3/2020).

Patroli skala besar ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Kapolri yang melarang berkumpul serta untuk membubarkan warga berkumpul dalam jumlah banyak di tempat umum.

Tadi malam, petugas membubarkan berkumpulnya masyarakat di kafe-kafe sepanjang Jalan Sudirman dan warung-warung sekitaran Purna MTQ, Bencah Laweh, Simpang Tiga, Pekanbaru.

Kapolda memimpin patroli bersama para pejabat utama di tempat keramaian dan berkumpulnya masyarakat seperti di Jalan Sudirman, A Yani, Riau, Soekarno-Hatta hingga Arifin Achmad.

"Kita menggelar patroli skala besar malam hari ini untuk menjaga keselamatan masyarakat di Riau. Kita harus memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Keselamatan masyarakat hal utama, mari kita wujudkan itu secara bersama-sama," pinta Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Dalam patroli besar ini, juga diturunkan personel dari Samapta, Brimob, Krimum, Krimsus, Intel, Lantas serta Polresta Pekanbaru.

Tim terbagi dalam dua kelompok sasaran, bergerak setelah mendapatkan arahan dari Karo Ops Polda Riau, Kombes Pol Rahmad Hidayat bersama Dansat Brimob, Kombes Abdul Hasyim.

Tak hanya di jalanan, Kapolda Riau juga menurunkan Polisi Air (Polair) berpatroli menyusuri Sungai Siak meminta warga sedang duduk-duduk di tepian sungai untuk membubarkan diri.

Direktur Polairud Kombes Badarudin memimpin patroli air dengan mengerahkan 8 unit kapal patroli, 1 unit RIB serta 1 unit tactical untuk mengawasi dan antisipasi di pelabuhan tikus serta Tim Open Ship untuk sosialisasi.

Pada patroli ini polisi mengimbau masyarakat yang berkumpul untuk pulang ke rumah masing-masing guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Menggunakan pengeras suara, polisi meminta warga masih nongkrong di pinggiran jalan agar pulang ke rumah masing-masing segera.

"Saudara-saudara sekalian, kami dari Kepolisian Daerah Riau meminta dan mengajak seluruh masyarakat menjaga kesehatan dengan membiasakan pola hidup bersih dan sehat. Untuk mencegah penyebaran Virus Corona, kami meminta bagi sudah tidak ada kegiatan, silahkan membubarkan diri, segera pulang ke rumah. Imbauan jaga jarak agar ditaati demi kesehatan dan keselamatan kita bersama," pinta polisi dengan menggunakan pengeras suara.

[grc]