Dalam Sehari, Harga Cabai Merah Naik Belasan Ribu

PEKANBARU - Menjelang Idul Adha, harga berbagai jenis cabai di pasar tradisional Kota Pekanbaru mengalami kenaikan dalam selang waktu sehari. Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Jumat (9/8/2019), kenaikan signifikan terjadi pada cabai merah Bukittinggi dan Medan.

Harga cabai merah asal Bukittinggi mencapai Rp93.000 perkilogram, atau naik sebesar Rp13.000 dari Kamis kemarin. Sedangkan untuk cabai merah asal Medan yang pada Kamis seharga Rp75.000 perkilogram, menjadi Rp90.000 perkilogram atau naik sebesar Rp15.000.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan kenaikan terjadi karena pasokan cabai dari dua daerah tersebut minim.

"Distributor di Pekanbaru bilang lancar saja, tetapi memang harga dari sentranya yang sudah tinggi," ujarnya.

Kemudian ia juga mengatakan kenaikan harga ini memang terjadi karena menjelang hari raya Idul Adha, sama seperti perayaan hari besar lainnya.

Selain cabai merah, kenaikan juga terjadi pada cabai hijau yang pada Jumat ini berada di angka Rp55.000 perkilogram, cabai rawit Rp 80.000 perkilogramnya.

[grc]
loading...