Dilengkapi Peralatan Canggih dan Berstandar Internasional, Pasien dari Indonesia yang Berobat ke Rumah Sakit KPJ Klang Spesialist Selangor akan Dilayani Secara Khusus

PEKANBARU - Rumah Sakit (RS) KPJ Klang Spesialist Selangor, Malaysia, merupakan rumah sakit profesional di kelasnya yang memiliki sarana dan prasarana medis yang sangat memadai, baik meliputi sarana gedung, peralatan medis yang modern dan canggih hingga urusan nonmedis.

Bahkan, RS KPJ Klang Spesialist Selangor yang merupakan rumah sakit ke-21 kelompok KPJ Group ini juga menerapkan standar internasional untuk menjamin kepuasan pasien luar negeri selama berobat ke rumah sakit di Negeri Jiran, Malaysia tersebut. Sesuai taglinenya, KPJ Klang Selangor memang ingin memberikan pelayanan medis kepada pasien seperti di rumah sendiri.

"Ini merupakan tahun ketujuh kami beroperasi. Dan selama beroperasi, kami sudah menerapkan standar internasional. Sehingga pasien dari luar negeri, khususnya dari Indonesia yang akan berobat ke KPJ Klang Spesialist akan diberikan pelayanan khusus, tidak bercampur dengan pasien lokal di bilik internasional patient center," kata Operation Manager RS KPJ Klang Spesialist Selangor, Zulkifli Abdullah kepada GoRiau.com, Kamis (16/1/2020).

Yang mana, untuk pasien medical tourism atau wisata kesehatan, kata Zulkifli, KPJ Klang Soesialist juga sudah menyiapkan paket khusus dengan harga terjangkau. Dengan paket medical tourism ini, pasien akan diberikan layanan antar jemput bandara hingga ke hotel yang disiapkan oleh rumah sakit, proses perpanjangan visa, penukaran mata uang, hingga pergi ke tempat wisata.

"Sehingga selama berobat, pasien hanya perlu fokus berobat saja. Layanan antar jemput, akomodasi hotel, perpanjangan visa, penukaran mata uang hingga pergi ke tempat wisata bisa kami atur. Yang terpentingnya lagi, pasien tidak perlu pusing memikirkan biaya yang mahal," kata Zulkifli.

Ia kemudian menjelaskan, bahwa dari sisi sarana dan prasana, rumah sakit berlantai enam ini spesialis di bidang bedah tulang, mata, THT, obsteric and gynecology, penyakit jantung, bedah jantung, pediatrik jantung, kardiologi intervensi, bedah kolorektal, bedah laparaskopi, bedah anak, pediatrik endokrinologi, penyakit dalam, bedah umum, hingga anestesi.

Di samping itu, lanjut Zulkifli, KPJ Klang juga telah dilengkapi dengan peralatan diagnostik yang canggih diantaranya seperti alat magnetim avanto untuk cek khusus jantung, fluoroskopi, Xray, MRI, CT Scan, ultrasonografi, dan mamogram. Lalu, laboratorium biokimia klinis, hematologi, mikrobologi dan imunologi.

"Kami memang fokus di empat bidang, yaitu spesialis tulang, mata, THT dan gynecology (kewanitaan, red). Tapi bukan berarti yang lain tak bisa, semua bisa kami tangani. Contohnya pasien jantung di rumah sakit kami juga banyak, dari Indonesia juga banyak. Sebab di sini kami punya dua pakar jantung dan memiliki alat diagnostik khusus jantung," kata Zulkifli.

Sementara itu untuk ketersediaan tempat tidur, RS KPJ Klang memiliki 200 tempat tidur mulai dari kelas ruang empat tempat tidur hingga ruang VIP Suite. Harganya mulai dari Rp420.000 hingga Rp2,6 juta per malam.

"Semua kamar pasien ber-ac dengan kamar mandi dan toilet, aksesnya mudah. Bahkan, kalau keluarga pasien yang mau mencari makanan juga sudah disiapkan cafetaria di lantai dasar tidak perlu pusing keluar dari area rumah sakit," sebutnya.

Kemudian, RS KPJ Klang Spesialist juga memiliki tim profesional di bidang pariwisata medis. Sehingga, pasien dan keluarga dapat berobat sekaligus berlibur.

"Apalagi Rumah Sakit KPJ Klang terletak tepat di pusat kota yang ramai dan berdekatan dengan Bandar Baru Klang, Kota Kemuning, Setia Alam, Shah Alam, Meru Kapar, Taman Sungai Rasau. Jadi selain berobat, bisa sekalian berlibur," ujarnya.

[grc]