Dishub Riau Imbau Pemudik Waspadai Kemacetan di Simpang Garuda Sakti – Kubang Pekanbaru Saat Arus Balik, Ini Jalan Alternatifnya

PEKANBARU - Arus balik di Jalan Lintas Barat Sumatera dari arah Provinsi Sumatera Barat menuju Provinsi Riau diprediksi Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau akan terjadi lonjakan kendaraan pribadi, saat H+3 (Sabtu, 8 Juni 2019) dan H+4 (Minggu, 9 Juni 2019).

Hal itu dikatakan Kepala Dishub Riau, Ir H M Taufiq OH MT kepada GoRiau.com, Jumat (7/6/2019). Dimana kemacetan panjang diprediksi dari arah Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar menuju Kota Pekanbaru.

"Kemacetan diprediksi, karena adanya penyempitam jalan sebelum Simpang Garuda Sakti - Kubang Raya. Penyempitan jalan karena belum selesainya peningkatan pekerjaan jalan yang menghubungkan Kota Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar tersebut," kata Taufiq.

Kemacetan dikatakan Taufiq, diprediksi karena volume kendaraan pribadi yang mengalami peningkatan. Kendaraan pribadi, seperti mobil dan sepeda motor dari arah Sumatera Barat akan banyak yang melintasi simpang tersebut masuk ke Kota Pekanbaru. Dari arah Lintas Timur dan Utara, relatif lebih lancar walaupun arus lalu lintas padat.

Untuk Lintas Barat dari arah Sumatera Barat menuju Pekanbaru via Kampar di Rimbo Panjang, dikhawatirkan akan ada kepadatan dan kemacetan akibat penyempitan di Perempatan Simpang Kubang - Garuda Sakti. Untuk itu Dishub Provinsi Riau koordinasi dan survei bersama Dishub Kampar untuk menghimbau masyarakat menggunakan jalan alternatif yang ada guna menghindarkan kemacetan.

"Kita berharap pengemudi kendaraan melintasi jalan alternatif untuk menghindari tumpukan kendaraan akibat penyempitan di Simpang Garuda Sakti - Kubang Raya," ungkap Taufiq.

Jalan alternatif yang pertama, pemudik dari Bangkinang (Kampar) bisa melalui Jalan Manunggal (SPBU Rimbo Panjang) ke arah Jalan Lingkar Kubang (Gang Saudara), lalu via Jalan Suka Mulya.

Alternatif kedua melalui Balai Adat - Jembatan Kampa, dari Bangkinang melalui Jalan Balai Adat Kampa lalu masuk Jalan Kampuong Gadang (Kuapan).

Alternatif ketiga melalui Simpang Sei Pinang - Simpang Mataram, masuk Jalan Sungai Pinang (Petapahan) lalu ke Jalan Karya Indah (Pekanbaru).

Alternatif keempat melalui Jalan Danau - Kubang atau Jalan Danau - Simpang Kambing Lintas Timur.

[grc]
loading...