Disnakertrans Siak Ekspose Rencana Teknis Satuan Pemukiman Desa Jatibaru dan Langsat

SIAK SRI INDRAPURA - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertras) Kabupaten Siak menggelar ekspose draft laporan akhir pekerjaan Rencana Teknis Satuan Pemukiman (RTSP) SPB2 dan B4 lokasi Desa Jatibaru dan Desa Langsat Permai Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Siak, Amin Budiadi berharap Organiasi Perangkat Daerah dapat kerjasama dan saling mendukung, serta bisa memberikan masukan serta saran agar sempurnanya Rencana Teknis Satuan Pemukiman Desa Jatibaru dan Desa Langsat Permai Kecamatan Bungaraya.

"Kita ketahui, bahwa keberadaan warga transmigrasi dalam suatu wilayah telah memberi pengaruh besar terhadap perkembangan dan kemajuan pembangunan di wilayah dimana para warga trasmigrasi ditempatkan," kata Amin, Selasa (26/11/2019) kepada GoRiau.com.

Dalam ekspose final ini, disampaikan juga bagaimana karakteristik potensi dan permasalahan lokasi pemukiman transmigrasi dapat dicari pemecahannya, sehingga menghasilkan produk sesuai harapan dalam kerangka acuan kerja.

Untuk pola usaha yang cocok di lokasi itu tanaman pangan basah seperti padi gogo, palawija dan sayuran dataran rendah. Selain itu di lahan 1 dapat juga dibudidayakan tanaman sela seperti ubi jalar. Hanya saja ada kendala khusus yang akan dihadapi di dua desa tersebut.

"Dengan pogram transmigrasi ini diharapkan memberi dampak positif terhadap terbukanya peluang usaha baru, dan terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat di wilayah sekitar," kata Kadis yang sudah mengeluarkan buku 'Taman Nasional Zamrud', edisi II ini.

[grc]