DPRD Pekanbaru Minta Perusahaan Gelontorkan CSR Guna Bantu Penanganan Covid-19

PEKANBARU - Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Munawar Syahputra meminta perusahaan yang beroperasi di kota untuk menggelontorkan dana Corporate Social and Responsibility (CSR) guna membantu penanganan virus corona (Covid-19).

"Penanganan ini tidak hanya pemerintah saja, kita harapkan perusahaan di Kota Pekanbaru turut ambil peran dengan mengeluarkan dana CSR untuk kepentingan mendesak seperti saat sekarang ini," katanya, saat berbincang bersama wartawan, Senin (23/3/2020).

Kata politisi NasDem ini, banyak persiapan yang harus dihadapi bersama dalam menyikapi penyebaran virus corona, mulai dari pengadaan masker kepada masyarakat, hand sanitizer, dan peralatan lainnya dalam upaya menekan penularannya sedini mungkin.

"Kalau kita menunggu anggaran dari pemerintah, itu tidak bisa secepatnya. Seperti apa kata Kadiskes Pekanbaru soal keterbatasan anggaran dan kelangkaan alat kelengkapan dokter ataupun perawat di Pekanbaru. Ini, sangat urgent, kita harus lakukan langkah preventif secepatnya,” tegasnya.

Sebelumnya Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Amin mengeluhkan kekurangan alat pelindung diri atau APD karena langkanya di pasaran. Jika pun ada, katanya, harga juga mulai mengalami kenaikan.

"Tapi mau bagaimana, mau tidak mau kita harus punya itu APD minimal di rumah sakit dan puskesmas, guna penanganan pasien di layanan kesehatan," papar Amin. (don)

[grc]