Gerhana Matahari Cincin Bakal Lintasi Negeri Istana, Bupati Optimis Banyak Wisatawan Datang ke Siak

SIAK SRI INDRAPURA - Pemerintah Kabupaten Siak terus melakukan berbagai upaya dan persiapan untuk menarik banyak wisatawan lokal dan mancanegara datang ke Siak Desember 2019 nanti. Pada penghujung tahun itu, bakal ada fenomena alam yang sangat langka terjadi, yakni Gerhana Matahari Cincin.

Dikatakan Bupati Siak, Drs H Alfedri, Pemkab Siak sudah memprogramkan beberapa kegiatan pada hari spesial tersebut. Mulai dari sosialisasi kepada siswa SMA dan masyarakat terkait fenomena alam ini, lomba fotografi, melukis dan pameran, salat gerhana dan tausiyah serta hiburan seperti nonton film.

"Kejadian Gerhana Matahari Cincin yang terjadi sekali sepuluh tahun ini bakal melintasi Indonesia. Salah satunya dapat dilihat dengan sempurna di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Siak 26 Desember 2019," kata Alfedri kepada GoRiau.com, Rabu (7/8/2018).

Mantan Ketua Baznas Siak ini juga sangat mengapresiasi media lokal maupun nasional yang sudah sangat peran membantu publikasi dan promosikan momen bersejarah ini. 

"Ini merupakan bagian dari kerjasama yang baik antara media dan Pemkab Siak. Tidak hanya menyaksikan Gerhana matahari cincin saja, wisatawan nanti juga dapat mengunjungi sejumlah objek wisata alam, sejarah dan lainnya di Siak," sebut Bupati. 

Sejak tahun lalu, saat Siak masih dipimpin oleh Drs H Syamsuar, Pemkab Siak sudah sangat gencar mempromosikan GMC ini dalam setiap kegiatan di masyarakat. Bahkan 15 Februari lalu juga sudah dilakukan grand launching GMC di lokasi pusat pengamatan, tepatnya di Lapangan Bola Kampung Bunsur, selat lalang Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau. 

"Siak akan semakin dikenal Dunia dengan momen yang sangat langka ini. Tentunya masyarakat Siak akan sangat diuntungkan dengan banyaknya wisatawan yang nanti datang ke Siak, khususnha mereka pelaku usaha ekonomi kreatif," kata Bupati.

[grc]