Giam Siak Kecil dan Dumai Mulai Hasilkan Asap, Pagi Ini Tiga Hotspot Terpantau Citra Satelit di Riau

PEKANBARU - Berdasarkan pantauan citra satelit Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sabtu (6/7/2019) terpantau tiga titik panas atau hotspot di Provinsi Riau. Ketiga hotspot itu terpantau dua di Kabupaten Pelalawan dan satu di Kabupaten Rokan Hilir.

Meskipun demikian, dari pantauan Satgas Udara pagi tadi asap mulai membumbung tinggi dari daerah Bukit Timah (Kota Dumai) dan daerah Giam Siak Kecil di Tasik Betung, Kabupaten Siak.

Hal itu dikatakan Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno kepada GoRiau.com, Sabtu (6/7/2019). Dirinya mengatakan panas hari ini bisa mencapai 34 derajat celcius, dengab kecepatan angin hingga 30 km/jam dari Tenggara ke Barat Daya.

"Cuaca siang nanti diperkirakan cerah berawan. Sedangkan pada malam hari diperkirakan terjadi potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang tidak merata terjadi disebagian besar wilayah Riau," kata Sukisno.

Kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini dan bisa berubah sewaktu-waktu, Sukisno mengingatkan masyarakat Riau agar menjaga kesehatan. Selain itu, kita juga himbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan secara disengaja.

"Kalau ada ditemukan lahan yang terbakar, segera laporkan kepada pihak kepolisian terdekat atau koramil di wilayahnya. Agar proses pemadaman bisa dilakukan secara intensif dan api tidak meluas," jelas Sukisno.

[grc]
loading...