Heboh Kabar Salat Maghrib di Munajat 212 Diimami Dua Orang, Berikut Faktanya!

SEBUAH informasi yang menyebutkan ada dua Imam sekaligus dalam salat Maghrib, beredar melalui pesan berantai WhatsApp (WA) dan viral di Facebook (FB).

Seperti yang diposting akun FB atas nama Heriyanto Binduni ini. Dalam postingan itu, Heriyanto mengunggah foto seorang yang sedang menjadi Imam salat Maghrib berjamaah saat acara Munajat 212 di Monas, Jakpus, Kamis (21/2/2019) lalu.

Dalam postingannya, Heriyanto menambahkan narasi sebagai berikut: "Ini fiqih model baru. Imamnya 2 diatas panggung. Makmumnya dibawah. Trus sy tanya knp imamnya 2, kata mas alif, krn kl 1 artinya jokowi".

Postingan oleh akun Heriyanto itu, kini sudah dibagikan 1.648 kali per tangkapan layar dibuat, Rabu (27/2/2019).

Hasil penelusuran yang dilakukan Aribowo Sasmito, Co-Founder, Head of Fact Checker Committee di Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) menyimpulkan, bahwa informasi yang diposting akun Heriyanto itu adalah konten yang salah.

"Itu bukan Imam kedua, di sebelah kanan Imam adalah Makmum yang berjarak sekitar satu telapak kaki ke belakang. Tidak sejajar dengan Imam," jelas Aribowo dalam debunk-nya di laman grup FB Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH).

Menurutnya, si pengunggah memadupadankan konten yang asli dengan konteks informasi yang salah. "Si pengunggah membagikan foto dengan menambahkan narasi untuk membangun premis yang salah, memelintir konteks asli dari foto," tegas Ari.

Hasil penelusuran yang dilakukan Ari, ditemukan video yang jelas menggambarkan bahwa ada jarak antara Imam dan Makmum. Tidak seperti yang dimaksud oleh akun Heriyanto.

Dalam video yang dipublikasikan pada 21 Februari 2019 itu, juga disertai deskripsi: "Munajat dan Zikir 212 sudah dimulai di Monas, Jakpus, Kamis (21/2). Acara diawali dengan salat Magrib berjemaah dan diisi ceramah dari para ulama."

(kha)

loading...