Heboh Longsor di Dekat Tol Cipularang, BPBD Jabar: Itu Foto Sudah Lama

BANDUNG- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat pastikan tidak terjadi longsor di Kampung Hegarmanah, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, atau yang berlokasi dekat Tol Cipularang, KM 118+600.

"Itu foto sudah lama. Tidak ada longsor lagi di sana," kata Pusdalops BPBD Jabar Budi Budiman, saat di konfirmasi, Minggu (16/2/2020).

Baca Juga: Ada Longsor, Tol Cipularang Masih Aman Dilintasi 

Foto Longsor di Dekat Tol Cipularang (foto: Istimewa)

Budi mengatakan, saat ini tengah berlangsung proses penyedotan genangan air yang menyebabkan longsor kemarin serta perbaikan di titik longsor.

"Saat ini masih penyedotan yah," katanya.

Dihubungi terpisah Ketua Tim Pergerakan Tanah PVMBG, Anjar, menyebutkan, pihaknya temukan ada dua genangan air, yang masih tergenang dengan luas area cukup besar di lokasi longsor.

"Satu kecil dan Satu ada di Utara seberangnya yang cukup luas yang, sekitar 4.000 meter persegi," kata Anjar, saat dihubungi.

Seperti diketahui, Tebing setinggi kurang lebih 20 meter, alami longsor dan materialnya menimpa rumah warga di Kampung Hegarmanah, Desa Sukatani, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: 6 Mobil Terlibat Kecelakaan Beruntun di Tol Layang Jakarta-Cikampek 

Kejadian longsor itu, terjadi pada Selasa 11 Februari 2020 malam, sekira pukul 19.00 WIB. Selain menimbun rumah warga, material tanah pun menimbun persawahan.

Lokasi longsoran berada di bawah jalan tol Purbaleunyi, tepatnya di kilometer 118+600 jalur B arah Jakarta. Titik longsor hanya berjarak kurang lebih delapan meter dari titik longsor.

(fid)