Ikuti Program Outdoor Classroom Day, Azmi: Anak Aset Bangsa yang Harus Diberi Ruang Untuk Pemenuhan Hak

SIAK SRI INDRAPURA - Program Hari Belajar di Luar Ruangan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) yang dilakukan serentak seluruh Indonesia, juga dilaksanakan di Sekolah Ramah Anak SD Negeri 01 Suak Lanjut, Kecamatan Siak, Riau.

Ketua DPRD Kabupaten Siak, Azmi serta Anggota DPRD lainnya dari Fraksi Demokrat, Sujarwo tampak hadir pada kegiatan Outdoor Classroom Day (OCDay) atau hari belajar di luar kelas, Kamis (7/11/2019) dimulai dengan sarapan dan dilanjutkan senam bersama di halaman sekolahnya.

"Kita ada di tengah anak-anak ini sebagai bentuk kampanye global mensukseskan peringatan hari anak Internasional yang jatuh pada tanggal 20 November setiap tahunnya," kata Azmi kepada GoRiau.com usai melakukan dialog ringan dengan peserta didik.

Menurut Azmi, anak merupakan aset bangsa yang harus diberi ruang untuk pemenuhan hak anak. Undang-Undang juga telah mengatur tentang perlindungan anak mengamanatkan negara untuk dapat memenuhi, menjamin, dan melindungi hak anak, serta memastikan bahwa satuan pendidikan mampu mengembangkan minat, bakat dan kemampuan anak.

"Melalui kegiatan sehari belajar di luar kelas, kita berharap hak sebagai anak dapat terpenuhi, seperti bermain, berkelompok, bersosialisasi, mengenali dan mencintai lingkungannya sehingga anak merasa senang dan bergembira," sebut Azmi lagi.

Tidak hanya ke SD Negeri 01 Suak Lanjut Siak, Azmi dan Sujarwo juga ke SMP Negeri Suak Lanjut untuk meninjau kegiatan yang sama. Sebab belajar di luar kelas serentak ini juga berlangsung dari TK hingga ke SMA sederajat.

[grc]
loading...