Ini Daerah Rawan Banjir di Riau, BPBD Gunakan Drone Pantau Ketinggian Air

PEKANBARU - Saat ini curah hujan disejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Riau, cukup tinggi. Bahkan, sejumlah daerah sangat rawan terjadinya banjir, akibat luapan air sungai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger kepada GoRiau.com mengatakan, bahwa ada kabupaten di Riau yang rawan terjadinya banjir, seperti di Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Pelalawan dan Kuantan Singingi.

"Saat ini Rokan Hulu berstatus siaga banjir. Sedangkan Rokan Hilir dan Kampar berstatus waspada banjir. Hal ini, karena curah hujan yang tinggi di daerah hulu ketiga kabupaten tersebut," kata Edwar, Rabu (4/12/2019).

BPBD Riau, dikatakannya, juga telah mengirim personel untuk membantu kabupaten yang saat ini dilanda banjir, sesuai arahan Gubernur Riau Syamsuar. Pihaknya, juga sudah mengecek kondisi debit air yang mengenangi pemukiman warga bersama Wakil Gubernur Riau Edy Nasution, belum lama ini.

"Kita juga memfokuskan penanganan bencana banjir pada tujuh kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu, seperti di Kecamatan Rambah, Rokan IV Koto, Ujung Batu, Pagaran Tapah, Kunto Darussalam, Rambah Hilir, dan Bonai Darussalam," ungkap Edwar.

Ia juga mengingatkan, agar warga selalu waspada dan berhati-hati bagi yang tinggal disekitar daerah aliran sungai (DAS), akan kemungkinan terjadinya bencana banjir, tanah longsor ataupun orang tenggelam akibat derasnya arus sungai.

"Personel BPBD provinsi dan kabupaten, terus melakukan patroli untuk memantau ketinggian air. Agar bisa memberikan peringatan kepada warga, akan terjadinya banjir susulan. Kita juga gunakan drone untuk memantau ketinggian air untuk daerah yang sulit di akses," jelas Edwar.

[grc]