Jalin Silaturahmi, Balai Bahasa Adakan Pembinaan Pegiat Literasi

PEKANBARU - Menjalin silaturahmi dengan pegiat literasi, Balai Bahasa Riau memberikan pembinaan untuk seluruh komunitas dan pegiat literasi yang ada di Bumi Lancang Kuning, yang di gelar di auditorium Perpustakaan Soeman HS, Jalan Jendral Sudirman.

Mengangkat tema Pengembangan budaya literasi melalui penguatan di jejaring komunitas, diharapkan dapat menumbuhkan budaya literasi di masyarakat.

Menurut Kepala Balai Bahasa Riau, Umar Sholikhan mengatakan tujuan diadakan pembinaan ini adalah menjalin silaturahmi dan kerjasama dengan pegiat literasi.

"Yang kita lakukan hari ini merupakan kerjasama antara balai bahasa dengan forum taman bacaan Riau, sebagaimana yang telah diamanahkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2016, untuk meningkatkan literasi di provinsi Riau," kata Umar di auditorium Perpustakaan Soeman HS, Jum'at (24/5/2019).

Melalui Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Provinsi Riau, Umar berharap nantinya gerakan ini dapat membangkitkan gerakan literasi di 12 kabupaten kota, hal ini juga berlandaskan dari banyaknya generasi milenial yang peduli dengan literasi.

"Mudah-mudahan kegiatan literasi bisa bangkit di bumi melayu, terlebih sudah banyak generasi milenial yang membentuk komunitas literasi dengan berbagai nama seperti lapak baca, perpustakaan bergerak dan masih banyak lagi," tambahnya.

Disisi lain, dalam membangkitkan gerakan literasi, balai bahasa juga telah menerbitkan buku bacaan literasi mencapai 500 buku, yang bisa di unduh melalui laman Gerakan Literasi Nasional (GLN) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Karena saat ini merupakan era digital, sehingga tidak perlu di lakukan percetakan secara masal," tambahnya

Walupun begitu pihaknya juga akan melakukan pencetakan, karena sebagian masyarakat saat ini masih membutuhkan buku dalam bentuk fisik.

Dalam acara pembinaan ini, diikuti oleh 100 peserta yang merupakan kelompok pegiat literasi dari beberapa daerah di Provinsi Riau, seperti, Pekanbaru, Rokan Hilir, dan Kuansing, serta melibatkan seluruh komunitas, maupun kelompok pegiat literasi.

[grc]
loading...