Kebakaran Lahan di Teluk Meranti, Dipastikan Tak Ada Rumah Walet yang Ikut Terbakar

Areal kebakaran lahan Sungai Merawang, Desa Pulau Muda, Teluk Meranti, Selasa (19/3/2019).

PANGKALAN KERINCI - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau tepatnya di wilayah Sungai Merawang, Desa Pulau Muda, Selasa (19/3/2019).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pelalawan, Hadi Penandio membenarkan adanya peristiwa kebakaran lahan di wilayah Sungai Merawang.

"Informasi yang baru kita dapatkan dari Lurah Teluk Meranti, yang terbakar tersebut merupakan areal lahan milik masyarakat," jelasnya, kepada GoRiau.

Lebih lanjut Hadi Penandio juga menyampaikan, tidak ada bangunan rumah walet yang ikut terbakar. Api juga sudah berhasil dipadamkan oleh tim di lapangan.

"Bangunan yang terbakar itu bukan rumah walet, tapi pondok tempat penyimpanan kayu atau papan milik masyarakat. Areal sudah padam dengan bantuan pemadaman oleh MPA dan Tim Regdam SPA Merawang," tandasnya.

Tak hanya di wilayah Sungai Merawang, kebakaran lahan juga terjadi di Desa Teluk Binjai. Upaya pemadan masih dilakukan.

"Hari ini mulai terbakarnya dan masih proses pemadaman. Lahan yang terbakar ini milik masyarakat, berupa semak belukar. Diperkirakan sekitar setengah hektare yang sudah terbakar;" sebut Kapolsek Teluk Meranti, Iptu Edy Haryanto.*

[grc]
loading...