KEMENPUPR beri Bantuan bagi Masyarakat Kelurahan Sungaiambang Pekanbaru

Pekanbaru, (inforiau.ID)-Bersamaan dengan pergantian tahun 2019 ke tahun 2020, sebanyak 20 penerima bantuan di Kelurahab Sungaiambang, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru dapat menempati rumah yang layak huni. Adapun rumah tersebut merupakan bantuan dari Kementrian PUPR dalam Program BSPS untuk meningkatkan kualitas rumah yang awalnya dari tidak layak huni menjadi rumah layak huni.
Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya atau yang disingkat BSPS, merupakan bantuan yang diberikan dari kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakayat (KEMENPUPR) bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah dan memiliki Rumah Tidak Layak Huni untuk ditingkatkan kualitasnya menjadi rumah layak huni yang setidaknya mencakupi 2 aspek utama, yaitu Aspek Keselamatan (Struktur Bangunan) dan Aspek Kesehatan (Penghawaan, Pencahayaan, dll). Sesuai dengan namanya “Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya”, selain mendapat bantuan untuk peningkatan kualitas rumah, program ini jg merupakan stimulus  kepada para penerima bantuan agar mau berswadaya untuk menyelesaikan peningkatan kualitas rumah masing masing.
Mewakili dari penerima bantuan lainnya dan seluruh masyarakat Kelurahan Sungai Ambang,
Lurah Sungaiambang yang diwakili oleh Ketua LPM Habiholidi menyampaikan banyak terima kasih kepada Kementrian PUPR beserta para pihak yang terlibat atas perhatiannya terhadap Kelurahan Sungaiambang, atas masuknya Program BSPS ini di kelurahan Sungaiambang, beliau juga berharap semoga di tahun 2020 ini Kelurahan Sungaiambang kembali mendapat perhatian.
Sementara itu ketua penerima bantuan Bapak Masril Widiyanto  mengungkapkan hal yang senada, “Saya mewakili penerima bantuan di Kelurahan Sungaiambang sangat berterima kasih kepada pemerintah atas bantuan peningkatan kualitas rumah ini. Baru kali ini kami sangat merasakan kehadiran pemerintah kepada masyarakat kecil,”.
Karena saking senangnya beliau kembali bercerita “seperti bermimpi kami bisa memiliki rumah seperti ini, yang pada awalnya rumah kami hanya rumah papan dan beralaskan tanah, tak pernah kami bayangkan akan mempunyai rumah seperti ini” tutur Masril.
Sementara itu ditemui di tempat terpisah Koordinator Fasilitator (Korfas) BSPS Kota Pekanbaru Bapak Amsaryono menuturkan bahwa Program BSPS tahun 2019 ini untuk di Kota Pekanbaru mendapatkan kuota sebanyak 285 unit rumah yang ditingkatkan kualitasnya menjadi rumah layak huni. Adapun Program tersebut tersebar di 14 Kelurahan di 5 Kecamatan se-Kota Pekanbaru dan didampingi oleh 7 orang Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL).
Banyak lika liku yang kami hadapi dalam pendampingan masyarakat untuk mensukseskan program ini, kendala terberat yang kami hadapi adalah musim hujan, dikarenakan banyak akses jalan menuju ke rumah penerima bantuan masih dalam kondisi tanah/berlumpur, dengan cuaca yang hampir tiap hari hujan ditambah dengan kodisi jalan yang seperti itu, distribusi material bangunan jadi agak terkendala. Bahkan ada salah satu rumah penerima bantuan yang mengalami banjir. Namun berkat kegigihan para Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL), Alhamdulillah kami bisa menyelesaikan Program BSPS ini dengan sukses dan tepat waktu.
“TFL bagaikan air yg merekat batu, pasir dan semen dalam sebuah bangunan yang kokoh, begitulah liku-liku Fasilitator dalam mendampingi keberhasilan BSPS,” pungkas Amsar.