Kepulauan Meranti akan Didirikan SMK Pelayaran

SELATPANJANG - Sebagai salahsatu wadah untuk meningkatkan kompetensi pada bidang pelayaran dan sebagai daerah yang memiliki karateristik berpulau, Kepulauan Meranti akan didirikan SMK Pelayaran.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepulauan Meranti, dr H Aready mengatakan pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelayaran ini untuk menyiapkan tenaga terampil yang memiliki keahlian khusus dalam bidang pelayaran dalam rangka persaingan Masyarakat Ekonomi Asean.

"Kepulauan Meranti merupakan satu satunya daerah di Riau yang secara keseluruhan bertipologi kepulauan moda transportasi utama kita adalah laut. Kami pikir perlu adanya SMK pelayaran," ujar Aready, Kamis (29/8/2019).

Dikatakan Aready, saat ini sedang dilakukan koordinasi bersama instansi terkait termasuk di Kementerian.

"Kita sudah melakukan rapat dengan stake holder terkait temasuk di kementerian. Intinya semuanya mendukung. Tinggal lagi nantinya kita lihat minat masyarakat," ungkapnya.

Ditambahkan, di Kepulauan Meranti juga akan segera didirikan Balai Diklat Pelayaran yang nantinya akan di paralelkan dengan SMK Pelayaran.

"Balai Diklat Pelayaran juga akan dibangun, seiring dengan itu secepatnya akan dibangun sekolahnya dan nanti akan diparalelkan," pungkasnya.

[grc]
loading...