Kirim Anak Siak Belajar Perbankan Syariah, Pemda Rintis Ekonomi Alquran

Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi

SIAK SRI INDRAPURA - Momentum Musabaqah Tilawatil Quran ke XIV Kecamatan Sabak Auh Tahun 2019 menjadi ajang silahturrahmi perdana bagi Bupati Siak H Alfedri dan istri pasca dilantik menjadi orang nomor satu Negeri Istana beberapa waktu lalu.

Dalam seremonial pembukaan ajang syiar Alquran yang digelar Jumat malam (29/03/19) tersebut, Alfedri juga menyebut nilai-nilai isi kandungan Al-Quran hendaknya terimplementasikan dalam kehidupan serta berdampak pada program pembangunan seperti halnya upaya mewujudkan Perbankan Syariah.

"MTQ yang dilaksanakan setiap tahun menjadi sarana evaluasi bagi kita semua dalam menghayati isi kandungan Alquran. Isinya tidak hanya dibaca tapi juga dipelajari agar dapat menjadi pedoman dalam menghadapi kehidupan. Karena itu mencintai Alqur'an adalah kewajiban kita semua sebagai muslim," kata Alfedri. 

Pemerintah kata dia saat ini tengah mempersiapkan hadirnya lembaga keuangan yang sesuai dengan tuntunan syariah. Misalnya perbankan syariah, koperasi syariah, dan BUMKam syariah melalui kerjasama dengan salah satu universitas keuangan.

"InsyaAllah kita akan kirim 100 orang anak Siak yang untuk menempuh pendidikan ilmu ekonomi syariah, agar terwujud perekonomian yang Qur'ani," kata mantan ketua Baznas Siak ini.

Mengingat Kabupaten Siak sebelumnya masuk peringkat tiga besar pada MTQ Provinsi Riau Tahun 2018 lalu, Alfedri juga meminta para Qari dan Qariah harus berlatih ekstra meningkatkan kemampuan karena tidak ada kemajuan yang dicapai dengan instan.

"Saya sampaikan apresiasi atas terselenggaranya MTQ ke 14 tingkat Kecamatan Sabak Auh ini, semoga dapat menjaring bibit unggul qari dan qariah berbakat di ceruk-ceruk kampung sebagai pembaca dan penghafal Al-Quran," kata Alfedri. 

Prosesi pembukaan MTQ ke XIV tingkat Kecamatan Sabak Auh Tahun 2019 yang dilaksanakan di Kampung Bandar Sungai itu, akhirnya dibuka dengan penabuhan kompang oleh Bupati Siak bersama para kiyai Assatidz dan santri pondok pesantren di Kecamatan Sabak Auh.

Beragam rangkaian kegiatan seperti pawai ta'aruf turut memeriahkan perlombaan yang digelar dengan cabang perlombaan Tilawah, Hifzil 1-15 Juz, Fahmil, Syaril , Qhatil Qur'an dan Marhaban itu dengan jumlah peserta sebanyak 217 orang dan turut dihadiri unsur forkompinda Kabupaten Siak.

[grc]
loading...