Lantik Pj Penghulu Kampung Bunsur, Bupati Siak Minta Utamakan Kepentingan Rakyat

SIAK SRI INDRAPURA - Tim Safari ramadhan Pemkab Siak yang dipimpin Bupati Siak, dihari yang ke 10 Ramadhan tahun 1440 Hijriah mengunjungi Kecamatan Sungai Apit.

Rombongan melaksanakan sejumlah agenda, diantaranya Bupati Siak Alfedri melantik Pj Penghulu Kampung Bungsur di Aula Kantor Camat, Rabu (15/05/2019).

Usai melantik pejabat penghulu, Bupati Siak Alfedri mengatakan, kehadirannya di Sungai Apit selama dua hari dalam rangka mengikuti sejumlah kegiatan yang sudah teragenda.

"Saya ke Sungai Apit ini macam balik kampung karena saya dulu lama bertugas di sini, sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat," sebut Alfedri.

Diungkapkannya, pelantikan pejabat penghulu dilakukan untuk mengisi jabatan kepala kampung yang sudah berakhir masa tugasnya. Untuk itu hingga 10 bulan kedepan PJ Penghulu akan menjalankan tugas roda pemerintahan kampung dan menyelenggarakan pemilihan kembali.

"Tugas pejabat kampung melaksanakan roda pemerintahan kampung sehari hari, kedua mengupayakan terselenggaranya pemilihan penghulu akan datang, untuk pemilihan serentak menurut petunjuk akan dilaksanakan pada tahun 2020 akan datang," kata Alfedri. 

Pemimpin Siak itu juga menyampaikan harapan bersempena dilantiknya penghulu baru, agar segenap masyarakat dan aparat kampung mendukung penuh pejabat yang dilantik agar roda pemerintahan kampung dapat berjalan dengan lancar.

Alfedri juga menyebut nomenklatur pemerintahan dikampung itu terdiri dari pemerintah kampung dan Bapekam sebagai fungsi legislasi dan mengawasi, membuat aturan dan budget, sehingga harus bersama sama melaksanakan aturan yang ada.

"Bapekam ini kawan bersanding bukan kawan bertanding, karena memiliki fungsi membuat aturan, pengawasan anggaran dan mengawasi roda pemerintahan kampung harus dilakukan bersama-sama," harapnya. 

Pada kesempatan itu Bupati Siak juga mengucapkan selamat dan doa kepada Pejabat penghulu Kampung Bunsur Sungai Apit Safari S yang mengantikan pejabat penghulu lama Tengku Arifin. Dengan harapan pejabat yang dilantik senantiasa amanah, dan dapat membawa Kampung Bungsur lebih maju.

"Saya ucapkan tahniah dan semoga amanah. Yang terpenting kedepankan kepentingan masyarakat. Insyallah tidak ada masalah yang tidak dapat terselesaikan,"tutupnya.

[grc]
loading...