Mahasiswa Unri Ajari Ibu-ibu di Rohul Cara Membuat Nugget dari Ampas Kelapa

PASIRPENGARAIAN - Mahasiswa Universitas Riau dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tandun Barat Kecamatan Tandun, Rokan Hulu (Rohul) melakukan sosialisasi pembuatan Nugget Ampas Kelapa.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (8/8/3019) di Kantor Desa Tandun Barat. Menurut Rahmad Setiawan Rabbi, Koordinator Desa Tandun Barat, kegiatan ini berangkat dari banyaknya ibu rumah tangga setelah mengambil sari pati dari kelapa, lalu ampasnya dibuang begitu saja.

"Masih banyak masyarakat yang belum tau tentang ampas kelapa tersebut bisa dibuat menjadi makanan enak yang juga bernilai ekonomis," ujar Rahmad.

"Tujuan pembuatan makanan ini adalah memanfaatkan ampas kelapa yang terbuang tersebut dan sebagai salah satu ide untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam membuka peluang usaha untuk meningkatkan pendapatan sebagai penghasilaan tambahan," sambungnya.

Tidak hanya mensosialisasikan, mahasiswa KKN Unri juga mempraktekkan cara pembuatan nugget ampas kelapa tersebut kepada para peserta.

Masyarakat Tandun Barat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Para peserta mendapat pengetahuan baru dalam memanfaatkan ampas kelapa.

"Kami mendapatkan tambahan pengetahuan mengolah ampas kelapa menjadi nugget. Biasanya ampas kelapa dibuang saja tetapi ini bisa dibuat menjadi makanan yang enak untuk acara arisan dan bisa dijual," ujar Isil, anggota PKK yang mengikuti kegiatan tersebut.

Mereka juga berharap agar mahasiswa kukerta bisa terus mengembangkan kreatifitas dalam mengolah limbah menjadi sesuatu yang berguna untuk kedepannya.(rls)

[grc]
loading...