Manfaatkan Potensi Desa, Mahasiswa Kukerta Tematik UNRI 2019 Launching Produk Olahan Ikan Khas Desa Teluk Papal

Bengkalis(Inforiau.ID)-Telah berlangsung launching produk olahan ikan khas dari Desa Teluk Papal yang merupakan hasil dari program utama Pelatihan, Pengolahan, Pengemasan, dan Pendistribusian (4P) mahasiswa Kukerta Tematik Unri pada Sabtu (17/8). Launching produk olahan ini langsung diresmikan oleh Bapak Kepala Desa yang juga dihadiri Ketua Penggerak PKK,  Sekdes, Ketua BPD, dan masyarakat desa.

Launching ini disambut baik masyarakat dan mendapat apresiasi dari Kepala Desa Teluk Papal, Lakuning Ratno.

“Kami mengapresiasikan produk yang dibuat anak Kukerta Unri. Ini merupakan inovasi bagi kita semua dalam mengembangkan desa.” Kata Pak Lakuning

Mahasiswa Kukerta Tematik UNRI melihat potensi yang dimiliki oleh desa Teluk Papal terutama sumber daya lautnya yang cukup banyak. Hasil tersebut seperti ikan oleh masyarakat sekitar hanya dijual mentah atau sebatas ikan asin. Sehingga kita tergerak untuk membuat inovasi di masyarakat terutama hasil sumber daya alamnya Desa Teluk Papal tempat dimana kami mengabdi ini.

“Melihat potensi desa yang cukup melimpah dan belum dimanfaatkan secara maksimal, sehingga kami membuat inovasi untuk dijadikan sebuah produk”Jelas Halimatul Husna Mahasiswa Kedokteran UR 2016.

Launching produk ini diharapkan dapat menjadi langkah awal masyarakat Desa Teluk Papal untuk mengolah sumberdaya ikan laut yang melimpah di Desa, untuk diolah menjadi suatu produk olahan ikan unggulan khas desa teluk papal yang memiliki nilai jual dan juga dapat di pasarkan secara luas dan mampu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Produk olahan ikan yang dibuat berupa keripik ikan gunjing dan abon ikan tenggiri. Setelah ini, masyarakat desa akan mengembangkan program kerja 4P dengan membentuk tim yang terdiri dari Penggerak PKK, Karang Taruna, dan BUMDes. Inovasi yang diberikan tentunya dapat dikembangkan sesuai dengan kreativitas masyarakat setempat. (Ando)

loading...