Masih Ada Daerah Siak yang Terisolir, Pemerintah Segera Bangun Jalan Teluk Lanus Menuju Tanjung Buton

Bupati Siak Alfedri didampingi Kadis PU Tarukim Siak Irving Kahar serta Camat Sungai Apit meninjauh lokasi gang akan dibangun jalan di Dusun Teluk Lanus.

SIAK SRI INDRAPURA - Dusun Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, Riau terbilang kampung yang paling terisolir dan jauh dari ibu kota kecamatan Sungai Apit dan ibu kota Kabupaten Siak. Namun daerah ini tidak akan terisolir lagi jika akses jalan sudah mulai dibangun Pemkab Siak.

Kampung yang letaknya di penghujung pesisir Kabupaten Siak didominasi dengan lahan gambut. Sehingga sangat sulit untuk membuat jalan. Tapi tahun depan, Pemkab Siak akan mulai membangun jalan sepanjang 4 kilometer.

Kadis PU Tarukim Kabupaten Siak mengatakan dari keseluruhan ruas jalan yang direncanakan akan dibangun itu menghubungkan Kampung Teluk Lanus – Kampung Penyengat yang panjang 68 Km.

"Kemarin kita bersama Bupati sudah meninjau persiapan pembangunan dari Pelabuhan Tanjung Buton menuju Kampung Teluk Lanus. Karena biayanya cukup besar, pembangunan jalan ini juga akan dilakukan bertahap, untuk tahun depan anggarannya darii DAK," kata Irving Kahar, Senin (4/11/2019) kepada GoRiau.com.

Sejak beberapa tahun lalu pemerintah Kabupaten Siak sudah membuka pangkal jalan menuju Teluk Lanus, akses darat dari Tanjung Buton sampai ke Kampung Penyengat diteruskan ke arah Teluk Lanus.

Bupati Siak Alfedri juga menyebutkan pembangunan infrastruktur di Kampung Teluk Lanus ini direncanakan dalam jangka panjang. Dengan tujuan daerah pesisir Siak itu tidak lagi terisolir.

"Apalagi kini kita telah mengantongi izin pinjam pakai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Mulai 2020 kita akan melanjutkan pengaspalan jalan dari Kampung Penyengat menuju daerah Putong Dusun Mungkal yang berjarak 11 kilometer. Pengaspalan ruas jalan sepanjang 4 kilometer jadi prioritas," ungkap Bupati menambahkan.

[grc]
loading...