Pagi Ini Sumatera Dikepung 32 Hotspot, Terbanyak di Riau

PEKANBARU - Pagi ini, Minggu (7/7/2019) dari pantauan citra satelit Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru pukul 06.00 WIB, terdapat 32 hotspot atau titik panas yang tertangkap satelit di Pulau Sumatera dengan level confidence (kepercayaan) dibawah 50 persen.

Dari 32 titik panas di Pulau Sumatera, paling banyak di Provinsi Riau ada 12 titik panas. Disusul Provinsi Bangka Belitung, Sumatera Selatan dan Lampung masing-masing 5 titik panas. Sedangkan Kepulauan Riau hanya 2 titik panas. Sementara Aceh, Sumatera Utara dan Bengkulu masing-masing 1 titik panas.

Hal itu diungkapkan Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno kepada GoRiau.com. Dimana untuk Riau sendiri dengan level kepercayaan diatas 70 persen, ada 8 titik panas, yaitu di Kabupaten Pelalawan sebanyak 5 titik panas dan 3 titik panas di Kabupaten Rokan Hilir.

"Informasi yang masuk ke kami dan telah kami rangkum, sejumlah titik api yang ada disejumlah wilayah di Riau sudah dipadamkan oleh satgas Darat dan dibantu waterbombing oleh Satgas Udara," kata Sukisno.

Sementara itu, prakiraan cuaca dari Prakirawan BMKG Stasiun Pekanbatu hari ini, cuaca pagi ini berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi disebagian besar wilayah Riau.

"Pada siang sampai sore hari nanti, cuaca diperkirakan berawan. Terjadinya potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi disebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Bengkalis, Kampar, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir," ungkap Sukisno.

Untuk cuaca malam hari diperkirakan cerah berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi disebagian wilayah Rokan Hulu dan Kota Dumai.

"Untuk suhu udara hari ini diperkirakan hingga 33 derajat celcius, dengan kelembapan udara hingga 98 persen. Sementara angin bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 10 km/jam sampai 30 km/jam. Tinggi gelombang di perairan Riau berkisar antara 0,2 meter sampai 1,25 meter," jelas Sukisno.

[grc]
loading...