Pawai Takbir dengan Obor Menyambut Raya Idul Adha di Kabupaten Siak Sudah Menjadi Agenda Rutin

SIAK SRI INDRAPURA - Ribuan masyarakat Siak tumpah ruah menyemarakkan malam pawai takbiran menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, yang dilepas oleh Bupati Siak.

Didampingi Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD dan beserta sang istri Bupati Siak, H Alfedri melepas pawai takbir Idul Adha 1440 Hijriyah, di Jalan Raja Kecik depan komplek kediaman Abdi Praja, Sabtu  (10/8/2019) malam.

Alfedri mengatakan, kegiatan ini merupakan acara rutin yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Siak. Dengan harapan kegiatan seperti ini bisa terus berjalan sebagai sarana syiar islam. 

"Takbir keliling ini tidak hanya sebagai syiar agama saja, melainkan juga menjadi bagian dari kebudayaan yang harus dilestarikan oleh masyarakat," ujarnya. 

Selain membawa obor, pawai dimeriahkan dengan iring-iringan mobil hias berupa replika ka'bah dan mesjid. Sepanjang rute pawai, takbir pun dikumandangkan dengan pengeras suara. Masyarakat pun turut mengabadikan momen tersebut dengan ponsel genggamnya. 

Seperti tahun sebelumnya rute pawai takbir hari raya kurban  tahun ini, dimulai dari depan kediaman Bupati Siak menuju jalan Sutomo, dan berakhir di depan Masjid Al Fatah. 

Menurut Kabag Kesra Setda Kabupaten Siak Rojali, pawai tersebut  terdiri dari 29 mesjid dan Mushola. Kemudian pihaknya akan melakukan penilaian dan pemenang akan diumumkan pada salat ied di lapangan Tugu. 

Sementara untuk Salat Idul Adha akan dipusatkan di lapangan Tugu depan Istana Siak. Sementara Bupati Siak Alfedri beserta istri mengikuti Sholat id denggan masyarakat kecamatan Perawang.

[grc]
loading...