Peduli Pendidikan, PTPN V Kucurkan Rp11 Miliar Hingga Sediakan 300 Guru

PEKANBARU - PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) menaruh perhatian besar pada pembangunan sektor pendidikan. Melalui Program Bina Lingkungan, PTPN V rutin menyalurkan beasiswa dan dukungan lainnya untuk dunia pendidikan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama PTPN V Jatmiko Santosa saat menyerahkan bantuan beasiswa kepada 100 mahasiswa yang ada di Provinsi Riau, Kamis (28/11/2019) di Pekanbaru.

"Salah satu indikator pencapaian yang diemban Perseroan dalam mencapai tujuan bisnisnya adalah Perusahaan mengintegrasikan nilai ekonomi, nilai sosial dan nilai lingkungan ke dalam strategi bisnisnya", buka Jatmiko.

"Diantaranya dapat kami wujudkan melalui pengembangan program kemitraan dan bina lingkungan/PKBL yang sejalan dengan program BUMN Hadir Untuk Negeri yang ditaja Kementerian BUMN", tambahnya.

Untuk itu menurut Jatmiko, diantara program Bina Lingkungan yang sudah berlangsung di Perusahaan adalah bantuan di sektor pendidikan.

"Sejak tahun 2000, Dari total 64,7 miliar Rupiah dana bantuan bina lingkungan yang telah dikucurkan Perusahaan, 11 miliar disalurkan pada sektor pendidikan. Itu 17% dari total bantuan", ungkap Jatmiko dihadapan 100 orang penerima beasiswa Perusahaan.

Disampaikannya, nilai tersebut belum termasuk dengan biaya atas sejumlah tenaga guru yang selama ini dipersiapkan Perusahaan dalam membantu sekolah-sekolah disekitar PTPN V dan pendirian sekolah di lingkungan kebun dan pabrik Perusahaan.

"Saat ini perusahaan meyediakan tenaga 300 orang Guru baik untuk sekolah dasar, tingkat menengah, tingkat atas hingga guru MDA yang ada di lingkungan kebun dan pabrik", kata Jatmiko lagi.

Wujud kepedulian anak perusahaan PTPN III (Persero) tersebut tidak berhenti sampai disitu, secara aktif Perusahaan perkebunan sawit dan karet yang ada di Riau ini juga rutin menyalurkan beasiswa di berbagai jenjang. Seperti pada penyerahan beasiswa mahasiswa Riau tahun 2019.

"Hari ini, kembali kami menyerahkan beasiswa untuk 100 mahasiswa berprestasi di Provinsi Riau, dengan total nilai bantuan 300 juta Rupiah, dengan harapan dapat turut andil dalam proses pembangunan negeri melalui pembangunan mahasiswa. Semoga dapat bermanfaat dan kepada penerima kami berharap dapat dipergunakan secara bijak", pintanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Universitas Riau Prof Dr Iwantono M.Phill yang hadir pada penyerahan bantuan menyampaikan apresiasinya kepada PTPN V.

"Terimakasih dan apresiasi kami kepada PTPN V, yang selalu konsisten membantu sektor pendidikan termasuk membantu mahasiswa kami melalui berbagai program seperti beasiswa, vokasi, hingga riset dan penelitian", sebut Iwantono.

"Semoga program ini dapat terus berkelanjutan, PTPN V senantiasa memberi manfaat bagi dunia pendidikan", harapnya.

[grc]