Pendaftar CPNS 2019 Masih Membludak, DPRD Riau Harap Pemerintah Lebih Utamakan Potensi Ekonomi Kreatif

PEKANBARU - Sejak ditutup pada 30 November lalu, jumlah pelamar pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diketahui mencapai 4,1 juta orang. Sedangkan di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sendiri sebanyak 4.885 orang.

Membludaknya pendaftaran CPNS tersebut, menurut Ketua Fraksi Demokrat DPRD Provinsi Riau, Agung Nugroho disebabkan oleh kurangnya peran pemerintah dalam membina potensi wirausaha dan ekonomi kreatif.

"ASN masih jadi primadona bagi lulusan-lulusan sarjana ini karena pemerintah kurang membina potensi wirausaha. Padahal, di luar negeri saja profesi ASN ini kurang diminati," kata Agung, Rabu (4/12/2019).

Karena itu, dirinya berharap agar pemerintah lebih memberikan pelatihan dan kesempatan bagi anak-anak muda di Riau untuk membuka usaha. Sehingga, potensi ekonomi kreatif dan pengusaha Indonesia semakin banyak dan berkembang.

"Tenaga kerja hendaknya diarahkan fokus membidangi suatu bidang sehingga banyak muncul enterpreneur. Pemerintah juga seyogyanya semakin banyak mendorong peluang ekonomi kreatif, sehingga memunculkan banyak sektor wirausaha," jelas Agung.

Untuk diketahui, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat pendaftar yang sudah membuat akun pendaftaran CPNS di sscasn.bkn.go.id sebanyak 5.048.151. Sedangkan pelamar yang mengisi formulis pendaftaran sebanyak 4,415.967 orang, dan yang menyelesaikan pendaftaran sebanyak 4.158.140.

[grc]