Penerbangan di Bandara Pinang Kampai Dumai Dibatalkan Akibat Jarak Pandang Kurang 1.000 Meter

Helikopter milik KLHK saat akan melakukan aktivitas pemadaman kebakaran hutan dan lahan melalui jalur udara.

DUMAI - Akibat kabut asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kota Dumai, Riau, jarak pandang di Bandara Pinang Kampai Dumai dibawah 1.000 meter. Dampaknya satu penerbangan dari Bandara Pinang Kampai Dumai menuju Kualanamu Medan, Sumatera Utara, dibatalkan.

Dikatakan kepala UPT Bandara Pinang Kampai Kota Dumai, Irvan menyebutkan, bahwa kondisi asap akibat kebakaran hutan membuat jarak pandang tidak memungkinkan untuk dilakukan pendaratan.

Irvan menjelaskan, maskapai Wing Air pesawat yang akan mengangkut 46 penumpang dari Dumai menuju Medan tersebut terpaksa dibatalkan, akibat penerbangan dari Batam menuju Dumai terjadi penundaan.

"Kondisi tadi pukul 10.00 WIB cuaca tidak memungkinkan, pihak maskapai tidak ingin penumpang menunggu lama, sehingga penerbangan menuju Medan di cancel," kata Irvan kepada GoRiau.com, Kamis (21/3/2019).

Disebutkannya, pembatalan penerbangan pesawat jenis foker tersebut hanya terjadi untuk tujuan ke Medan, sedangkan tujuan ke Pekanbaru dan Batam hanya terjadi penundaan.

"Kondisi jarak pandang sendiri terganggu di bandara kita hingga pukul 11.00 WIB, alhamdullillah tadi turun hujan sehingga jarak pandang kembali normal," katanya kembali.

Dari pantauan Goriau.com di Kota Dumai pada Kamis (21/3/2019), asap masih menyelimuti kota di pesisir Provinsi Riau tersebut akibat bencana kebakaran hutan dan lahan yang melanda kota Dumai dan juga beberapa daerah lainnya.

[grc]
loading...