Peran Camat Sangat Penting untuk Meriahkan Pawai Takbir dan Pelaksanaan Salat Ied di Siak

SIAK SRI INDRAPURA - Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah beberapa hari kedepan, Pemerintah Daerah Kabupaten Siak menggelar rapat persiapan bersama Kantor Kemenag Kabupaten Siak serta instansi terkait di Ruang Rapat Siak Sri Indrapura Sekretariat Daerah, Senin (27/5/2019).

Rapat dimpimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Siak Budi Yuwono dan Asisten Administrasi Umum Jamaludin, dan dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak Muharom, pimpinan OPD terkait serta para camat dilingkungan Pemkab Siak.

Dalam jalannya rapat, Asisten Pemkesra Budhi Yuwono meminta partisipasi para camat dan lurah serta pengurus mesjid yang ada di Kecamatan Siak, Mempura dan Dayun serta Bungaraya, untuk turut memeriahkan jalannya Pawai Takbir pada malam Idul Fitri nanti sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.  

"Kita harapkan partisipasi aktif para pengurus mesjid yang ada di beberapa kecamatan terdekat dengan ibukota Siak Sri Indrapura, serta ditambah dengan masyarakat," kata Budhi. 

Dia berharap lewat momentum Idul Fitri ini, partisipasi masyarakat dalam setiap rangkaian kegiatan syiar keagamaan di Kabupaten Siak dapat terus meningkat.

"Masyarakat perlu kita dorong agar tingkat kesadaran berpartisipasi mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan meningkat. untuk itu mohon kerjasama para camat dan lurah untuk turut memberikan pemahaman kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Asisten Administrasi Umum Jamaludin berharap pelaksanaan pawai malam takbiran dan Salat Ied di Kabupaten Siak semakin meriah tahun ketahun sebagai bentuk syiar ditengah masyarakat.

"Kita harus berupaya agar bagaimana pelaksanaan pawai takbiran pada tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya. Untuk rute pawai tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumya, begitu juga susunan barisan rute dan peserta pawai, kriteria penilaian mobil hias dan lain sebagainya" ucapnya.

Jamal juga menghimbau pihak terkait dan jamaah yang berkemampuan dapat bergotong royong dan berkerjasama dalam pembuatan mobil hias, serta dapat membantu kekurangan dari penyempurnaan atributnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak Muharom turut memberikan masukan agar setiap mobil hias dibatasi ketinggian maksimalnya, mengingat pada tahun tahun sebelumnya ada mobil hias yang terlalu tinggi dan tidak bisa ikut dalam barisan rute pawai dan harus memilih rute lain.

Dalam rapat tersebut juga disepakati beberapa langkah persiapan pelaksanaan Salat Ied yang diperkirakan akan dilaksanakan pada tanggal 5 Juni 2019 mendatang mulai pukul 07.00 Wib pagi harinya. sementara untuk pembersihan lokasi salat dan penyusunan shaf salat akan dilaksanakan sehari sebelumnya.

[grc]
loading...