Pleno Rekapitulasi Suara di Riau Dimulai dari Kuansing, Inhu, Dumai dan Rohil

PEKANBARU - Hari ini, Kamis (9/5/2019), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat provinsi.

Ketua KPU Riau, Ilham Muhammad Yasir mengatakan, bahwa pleno ini akan dimulai dari Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Indragiri Hulu (Inhu), Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

"Kami sudah mengatur pembagiaan waktunya (Pleno, red), yaitu empat daerah per hari. Nah, di Riau ini kan ada 12 kabupaten dan kota, makanya kami buat agenda pleno ini selama tiga hari mulai tanggal 9 Mei hingga 11 Mei," terang Ilham di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Kamis siang.

Akan tetapi, timing yang dibuat KPU Riau ini sendiri diragukan apakah akan tepat waktu atau tidak. Berdasarkan pantuan GoRiau.com di lokasi acara, ternyata pelaksanaan pleno satu daerah saja bisa menghabiskan waktu berjam-jam. Seperti halnya yang terjadi pada pembacaan hasil rekapitulasi Kuansing yang berlangsung hingga pukul 12.00 WIB atau tengah hari. Padahal masih ada tiga daerah lainnya lagi yang menunggu untuk dibacakan.

"Kita lihat nanti, apakah sampai malam atau bagaimana. Tetapi kalau semua sudah siap, berarti cukup sampai waktu berbuka saja (Plenonya, red)," tuturnya.

Saat ditanya soal masih adanya pleno di tingkat PPK kecamatan dan KPU kabupaten dan kota yang terlambat, Ilham menegaskan bahwa hal itu tidak akan menganggu proses pleno rekapitulasi suara daerah lainnya.

"Kami optimis tiga hari selesai. Kemarin masih ada dua kecamatan di Riau yang belum tuntas yakni Kecamatan Tampan Pekanbaru dan Mandau Bengkalis. Tapi di Tampan Pekanbaru sudah selesai. Kita tinggal menunggu yang Bengkalis," paparnya.

[grc]
loading...