Polda Riau Selidiki Kegagalan Proyek Mesin Pompa Air di Bengkalis

JAKARTA - Bencana kebakaran hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap kembali terjadi di Riau di tahun 2020 ini meski dalam intensitas kecil. Namun Polda Riau tidak mau lagi kecolongan dalam melakukan antisipasi, terutama kesediaan alat dalam pencegahan.

Seperti yang terjadi di Bengkalis, Selasa (14/1/2020) yang mengalami kebakaran lahan gambut seluas 0,2 hektare yang ditumbuhi semak belukar dan pohon mahang terbakar.

"Kita menemukan ada proyek pengadaan pompa air di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis yang gagal dikerjakan pada tahun 2019, jumlahnya 86 mesin," kata Kapolda Riau, Irjen Agung Setya Imam Effendi kepada detikcom sebagaimana dikutip GoRiau.com, Rabu (15/1/2020).

Agung menuturkan gagalnya proyek pengadaan dikhawatirkan berdampak terhadap penanggulangan karhutla tahun ini. "Sehingga tahun 2020, BPBD tidak terdukung peralatan yang memadai (untuk penanganan karhutla)," sambung Agung Setya.

Oleh sebab itu, Agung menyampaikan pihaknya sedang menyelidiki penyebab gagalnya proyek tersebut. "Kami sedang selidiki," tegas Agung.

[grc]