Profesor China Prediksi Pandemi Virus Corona Bisa Bertahan 2 Tahun

Dunia saat ini tengah dihadapkan pada satu musuh bersama, virus corona atau Covid-19, termasuk di Indonesia. Sejauh ini disampaikan Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto, total pasien positif terinfeksi Covid-19 di Indonesia 686 orang, sembuh 30 orang, dan pasien meninggal sebanyak 55 orang.

Angka kasus positif terus naik, tidak ada seorang pun yang tahu kapan waktu pasti pandemi ini akan berakhir. Namun, menurut sosok seorang peneliti China satu ini, pandemi virus corona Covid-19 kemungkinan akan bertahan lebih lama daripada yang diperkirakan.

Hal tersebut dikemukakan oleh Profesor Zhang Wenhong, pemimpin tim Covid-19 Shanghai sekaligus direktur departemen penyakit infeksi Huashan Hospital University Fudan di Düsseldorf, Jerman.

Pandemi Covid-19

Di gelaran tersebut, Profesor Zhang memperingatkan bahwa sebaiknya kita masyarakat jangan berpikir pandemi ini akan bisa berakhir dalam waktu dekat. Menurutnya, justru pandemi ini akan bertahan lama, membutuhkan satu hingga dua tahun ke depan sebelum betul-betul berakhir.

Media Shanghaiist melaporkan, Profesor Zhang memprediksi kasus positif akan berkurang di musim panas, namun akan kembali muncul di saat musim dingin. Siklus ini kemudian akan bisa terulang kembali, tergantung bagaimana pemerintahan negara-negara di dunia bertindak dan bereaksi akan situasi ini.

“Jika seluruh dunia setuju untuk berhenti bergerak selama empat pekan. Pandemi ini mungkin bisa diatasi, tapi saya tidak bisa membayangkan hal itu bisa terjadi,” ujar Profesor Zhang, seperti dikutip Worldofbuzz, Selasa (24/3/2020).

(hel)