Puluhan Ribu Benih Ikan Baung Ditabur di Danau Naga Sakti Siak

SIAK SRI INDRAPURA -Danau Naga Sakti di Kecamatan Pusako Kabupaten Siak, Riau termasuk salah satu objek wisata yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Bibit ikan sering ditabur di danau tersebut, kemarin juga 31 ribu bibit ikan baung kembali ditabur.

Bibit ikan tersebut merupakan bantuan Gubernur Riau melalui Dinas Perikanan dan Kelautan ke Dinas Peternakan Kabupaten Siak sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat setempat untuk tetap menjaga kelestarian alam di sekitar danau tersebut.

"Kita harapkan masyarakat maupun wisatawan yang datang ke Danau Naga Sakti dapat menjaga lingkungan sekitar danau dengan tidak membuang sampah plastik ke danau," kata Kadis Peternakan Siak, Susilawati kepada GoRiau.com, Kamis (28/11/2019).

Program bantuan bibit ikan dari Pemprov ini, kata Susi, cukup terbilang sering. Dan selain untuk ditabur ke Sungai atau Danau, ada juga untuk kelompok masyarakat.

Selanjutnya Camat Pusako, Andi berharap, tahun depan pemerintah Provinsi Riau dapat memberikan bantuan bibit ikan tapah untuk di danau naga sakti, karena ikan tapah termasuk ikan yg digemari masyarakat Kabupaten Siak serta bernilai ekonomis.

"Ikan tapah ini dari harga sangat bernilai ekonomis. Kalau bisa penaburan bibit ikan sepengkah untuk di Sungai Siak, karena ikan sepengkah sudah mulai langka di Sungai Siak,"terang Andi.

Ia juga berharap, Kepada masyarakat pusako agar bersama-sama menjaga benih ikan yang sudah di taburkan ke dalam Danau. Pelepasan benih Ikan dilakukan rabu, 27 November 2019 kemarin.

[grc]