Ratusan Contoh Praktik Baik Pendidikan Dasar akan Dipamerkan saat Unjuk Karya Program PINTAR Tanoto

SIAK SRI INDRAPURA - Ratusan karya 28 sekolah danadrasah serta lembaga mitra Program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (PINTAR) Tanoto Foundation akan ditampilkan pameran Unjuk Karya Praktik-Praktik baik dalam Pembelajaran, Manajemen Sekolah, dan Budaya Baca di Gedung Siak Sport Hall.

Acara yang akan berlangsung Rabu (9/10/2019) ditaja Tanoto Foundation yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama Kabupaten Siak.

“Akan ada ratusan praktik baik pendidikan hasil dampingan dan kemitraan program PINTAR yang akan ditampilkan dalam pameran. Praktik baik ini berisi inovasi-inovasi terkini, solusi dari banyak masalah di kelas, di sekolah, dan bagaimana mengelola pembelajaran aktif secara efisien menarik dan menantang siswa untuk berfikir tingkat tinggi,” ungkap Koordinator Tanoto Foundation Provinsi Riau Dendi Satria Buana, di Kantor Tanoto Foundation Pekanbaru (7/10/2019).

Dendi mengatakan kegiatan unjuk karya ini akan ada banyak hal menarik yang bisa menginspirasi pelaku pendidikan lainnya, dan pelaku pendidikan yang mungkin belum bersentuhan dengan program PINTAR.

Selain itu, mitra dari Program STEP (School Transition and Empowerment Project) Tanoto Foundation dan Mitra Program School Improvement PT RAPP juga ikut berpartisipasi.

Selain menampilkan praktik baik sekolah mitra dampingannya bersama dengan PINTAR, mereka juga akan berpartisipasi dengan praktik baik literasi sekolah.

“Unjuk karya ini adalah momen menarik bagi pelaku pendidikan di Kabupaten Siak baik mitra maupun non mitra. Terima kasih kepada pendidik untuk semangat dan partisipasinya. Terima kasih kepada Bapak Gubernur Riau dan Bapak Bupati Siak yang telah mendukung program ini,” kata Dendi.

Acara akan dihadiri oleh Bupati Siak Drs. H. Alfedri, MSi. Kasubbid Tenaga Pendidik GTK Kemendikbud, Direktur Program PINTAR Tanoto Foundation, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Kantor Kementerian Agama, semua OPD terkait serta sekolah mitra di kabupaten Siak.

Dalam rangka mempersiapkan sekolah untuk showcase Program PINTAR, salah satu sekolah mitra yakni SDN 03 Kampung Rempak menampilkan berbagai macam hasil proses belajar yang menerapkan aspek pembelajaran aktif MIKiR.

Hasil proses belajar tersebut dikemas dalam berbagai bentuk tampilan produk pembelajaran, dimulai sejak perencanaan pelaksanaan pembelajaran, dokumentasi proses pembelajaran beserta media pembelajarannya dan hasil belajar peserta didik maupun hasil refleksi mereka.

Selain itu, mereka juga mempersiapkan demonstrasi siswa yang menunjukkan ketrampilan belajar mereka. Dua orang siswa akan mendemonstrasikan bagaimana cara menghitung volume kerucut dengan menggunakan alat bantu tabung dan beras.

Dalam kehidupan sehari hari, kemampuan tersebut dapat dipergunakan untuk menghitung jumlah tumpeng nasi yang dapat dibuat dari satu magic com nasi.

Lain lagi dengan SDIT Muhammadiyah Sungai Apit, persiapan mereka lakukan dengan mempersiapkan setiap kelas dari kelas 1 sampai kelas 6 untuk melakukan unjuk karya. Perwakilan masing masing kelas mempertunjukkan kemampuan mereka yang didapat dari hasil belajar.

Berbagai ketrampilan, mulai dari kemampuan membaca awal, membuat es krim, membuat rangkaian listrik, hingga membuat termometer sederhana dilakukan oleh para siswa.

Selanjutnya, dua perwakilan akan dipilih untuk melakukan demo siswa pada ajang showcase program PINTAR.

Kegiatan unjuk karya dan pameran sehari ini akan dilaksanakan dengan konsep interaktif, menyenangkan dan melibatkan banyak pihak. Harapannya akan semakin banyak pihak yang merasakan manfaat dari program PINTAR Tanoto Foundation untuk diadaptasi dan dikembangkan lebih lanjut.

[grc]