Ribuan Peserta Ikuti Pawai Taaruf 1 Muharam di Kepulauan Meranti

SELATPANJANG - Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti, H Rosdaner SPdi, melepas ribuan peserta Pawai Taaruf Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriah, bertempat di depan Masjid Agung Darul Ulum, Jalan Siak, Selatpanjang, Minggu (31/8/2019).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Staf Ahli Bupati Drs Iskandar, Pimpinan Bank Riau Kepri Cabang Selatpanjang Fivian Heldi, Camat Tebing Tinggi Abdul Hamid, Kasat Pol PP Helfandi, Kadis Sosial Agusyanto Bakar, Kaban BPPRD Ery Suhairi, Ketua Yayasan Fitrah Madani Ustadz M Fauzi, Ketua MUI Meranti H Mustafa, Lurah Selatpanjang Timur, dan sejumlah tokoh lainnya.

Pawai Taaruf diikuti oleh ribuan pelajar dan guru tingkat SMP dan SMU di Selatpanjang, dan para pemuda serta tokoh masyarakat. Peserta berjalan mengitari jalan protokol sambil membawa bendera Nabi Muhammad SAW dan tulisan Asmaul Husna sambil meneriakan takbir.

Muharam merupakan bulan pertama dan paling bersejarah bagi umat Islam, karena menandakan waktu Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah menuju Madinah yang hendaknya dapat dimaknai oleh umat Islam sebagai momentum introspeksi diri menuju kearah yang lebih baik.

Asisten III Setda Meranti mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tahunan itu. Ia berharap melalui kegiatan itu semakin memupuk ukhuah islamiyah dan silaturrahim antar sesama umat, dan yang tak kalah penting menjadi ajang introspeksi diri bagi semua, agar kedepan menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

"Semoga momen Pawai Taaruf ini mampu menggugah hati umat muslim untuk terus meningkatkan ibadah di tahun baru ini, dengan niat Baik maka hasilnya pun akan baik," harapnya.

Tak lupa Rosdaner mengucapkan apresiasi kepada panitia penyelenggara atas kekompakan yang dibangun, ia berharap semoga silaturrahim itu dapat terus terbangun dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, guna mendorong kemajuan di Kepulauan Meranti.

Hal senada juga disampaikan Ustadz M Fauzi, menurutnya Pawai Taaruf ini adalah momen penting bagi umat Islam dimana peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah menuju Madinah untuk syiar Islam dalam rangka memperbaiki akhlak umat manusia ketika itu.

"Untuk itu momentum ini hendaknya menjadi kebangkitan bagi umat islam dalam memperbaiki diri menuju perubahan yang lebih baik," ucapnya.

Ketua Yayasan Fitrah Madani itu juga menyebutkan Pawai Taaruf Menyambut 1 Muharam 1441 Hijriah dalam rangka syiar Islam ke seluruh pelosok negeri. Seperti yang terus diperjuangkan Rasulullah hingga akhir hayatnya. (rls)

[grc]
loading...