Rumah Sakit Sansani Pekanbaru Tegaskan tidak Ada Merawat Pasien Positif Corona, Namun Jika Ada Rujukan Bisa Dilayani

PEKANBARU - Menanggapi video viral yang mengatakan ada pasien positif Corona di Rumah Sakit Sansani, pihak rumah sakit menegaskan bukan positif tapi hanya Orang Dalam Pantauan (ODP). Dan saat ini ada dua pasien ODP dalam pengawasan Rumah Sakit Sansani Pekanbaru, Riau.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Rumah Sakit Sansani Pekanbaru, dr. Muhammad Natsir Ilvira kepada GoRiau.com, Selasa (24/3/2020) malam. Ia mengatakan memang benar lokasi video itu berada di Rumah Sakit Sansani, namun bukan pasien positif Corona.

"Iya di rumah sakit kita. Itu kita menerima pasien dari salah satu rumah sakit di Pekanbaru dengan dugaan Covid-19, bukan positif tapi, hanya ODP jadi kalau dibilang positif itu tidak benar," tegas pria yang biasa disapa Natsir ini.

Kemudian Natsir meluruskan, dimana dari pemberitaan sebelumnya yang mengatakan RS Sansani Pekanbaru tidak menerima pasien Covid-19, itu ada kekeliruan.

"Kita terima kok pasien Covid-19, bahkan sampai saat ini kita sudah melayani pasien dugaan Covid 19 sebanyak 2 orang. Termasuk pasien dari video yang viral tersebut," lanjut Natsir.

Kedua pasien tersebut diterima dari rujukan rumah sakit lain dan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan awal yaitu anamnesa, pemeriksaan fisik, laboratorium dan rontgen.

"Diperiksa oleh spesialis paru kita maka ditetapkan pasien tersebut sebagai ODP dan diharuskan untuk karantina 14 hari di rumah. Tidak hanya dilepas begitu saja, pasien kita lakukan pemantauan melalui telepon oleh petugas sebanyak sehari 2 kali," tutup Natsir.

[grc]