Saat Libur Lebaran, Pengunjung Bandar Bakau Dumai Turun Sekitar 42 Persen

DUMAI - Kawasan konservasi alam Bandar Bakau Kota Dumai ramai dikunjungi muda - mudi selama libur hari Raya Idul Fitri 1440 Hijiriah.

Hutan bakau yang terletak di jalan Pemuda Laut Kecamatan Kota Dumai, merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi warga disaat musim libur.

Para pengunjung yang datang ke hutan dipesisir Kota Dumai tersebut tidak hanya datang dari kota Dumai, masyarakat yang berada di Kabupaten Bengkalis dan juga Rokan Hilir terdata ikut meramaikan kawasan tersebut.

Darwis Moh Saleh, pengelola kawasan tersebut menyebutkan, menyebutkan, rombangan keluarga yang hadir saat hari Raya Idul Fitri 1440 Hijiriah tidak seramai libur lebaran tahun sebelumnya.

"Pengunjung yang datang saat ini di dominasi kaula muda, mereka berkunjung bersama rekan-rekannya," kata Darwis Moh Saleh kepada GoRiau.com, Jumat (7/6/2019).

Tingkat pengunjung yang datang ke kawasan tersebut dikatakannya juga terjadi penurunan sekitar 42 persen dari tahun sebelumnya, dimana biasanya mencapai sekitar 1200 orang setiap harinya.

"Pada lebaran kedua hanya terdapat 700 pengunjung yang datang, kurangnya pengunjung di Bandar Bakau hampir sama terjadi ditempat-tempat objek wisata lainnya secara nasional," katanya.

Kunjungan lebaran di Bandar Bakau selama lebaran, dikatannya terjadi dalam lima hari, dimulai dari hari kedua Idul Fitri.

"Kita memprediksi jumlah pengunjung untuk libur lebaran tahun ini hanya mencapai 7000 pengunjung, dimana tahun-tahun sebelumnya bisa mencapai 15 ribu orang," katanya menjelaskan.

Pengiat wisata alam tersebut juga menjelaskan, turunya jumlah pengunjung tersebut dikarenakan faktor ekonomi masyarakat saat Idul Fitri yang juga berbenturan dengan musim masuk sekolah.

"Saat ini kepala keluarga lebih memikirkan biaya sekolah anaknya dimana dalam bulan ini juga musim masuk sekolah," katanya mengakhiri.

[grc]
loading...