Sampaikan Keluhan Pedagang, Pengurus P3S Sambangi Camat Sail

PEKANBARU - Para pengurus Persatuan Pedagang Pasar Sail (P3S) mendatangi Kantor Camat Sail Pekanbaru, Kamis (31/10/2019) pagi tadi. Di sana, mereka bersilaturahmi dengan Camat Sail Fiora Helmi untuk menyampaikan keluhan pedagang, sekaligus memperkenalkan pengurus P3S yang baru.

Ketua P3S, Khairul Anwar mengatakan, bahwa pihaknya datang mewakili para pedagang Pasar Sail untuk menyampaikan keluhan mereka tentang keberadaan para pedagang harian, sayuran, ikan yang berada di lantai dua. Yang mana, keberadaan pedagang di lantai dua tersebut menyebabkan banyak pengunjung pasar tidak mengetahui adanya pedagang yang berjualan di lantai atas.

"Di samping itu juga, kebanyakan konsumen yang berbelanja juga merasa kesulitan untuk berbelanja ke lantai atas," kata Khairul didampingi wakil ketua P3S Ihsan dan Ade Gunawan, ST selaku penasehat dan juru bicara P3S.

Masalah lainnya, upah angkut ke lantai dua juga mempengaruhi kenaikan harga jual barang harian, sayur, ikan.

"Atas kondisi inilah, makanya pengunjung merasa enggan untuk berbelanja di Pasar Sail, sehingga selama kurang lebih delapan tahun ini pasar menjadi sepi," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya pun meminta pihak Kecamatan Sail untuk ikut membantu atau mencarikan solusi atas kondisi Pasar Sail. Serta menyampaikannya kepada Dinas Perdagangan serta Pemko Pekanbaru.

"Harapan kami pemerintah dapat mencarikan solusi dan memindahkan pedagang harian, sayur, ikan dipindahkan ke lantai dasar. Sehingga keluhan pengunjung selama ini bisa teratasi. Dan berharap jika sudah banyak pengunjung yang datang, penjualan pedagang lainnya juga bisa meningkat," kata Khairul lagi.

Sementara itu, Penasehat dan Jubir P3S, Ade Gunawan, ST menambahkan, bahwa sebenarnya pembenahan pasar yang diinginkan oleh P3S bukanlah hal yang sulit untuk diwujudkan. Sebab, kios dan lahan kosong di lantai dasar masih banyak. Sehingga untuk mengakomodir keinginan ini tidak akan membutuhkan biaya yang besar.

"Alhamdulillah kami disambut baik oleh Camat serta jajarannya. Kami sudah menyampaikan amanah dari para pedagang Pasar Sail. Menurut saya tidak susah untuk mewujudkan pembenahan pasar tersebut," tuturnya.

Di tempat yang sama, Camat Sail Fiora Helmi mengatakan, pihaknya akan mengadakan kunjungan serta melihat langsung kondisi di Pasar Sail.

"Dan saya sudah meminta Sekcam untuk menjadwalkan agenda kunjungan ke Pasar Sail," tuturnya.

[grc]
loading...